Simak Aturan Tepat Sebelum Bersihkan Telinga Bayi

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 03 Maret 2017 09:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 03 481 1632993 simak-aturan-tepat-sebelum-bersihkan-telinga-bayi-u25VW1nCxf.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

MOMS, sebelum membersihkan telinga bayi dengan cotton bud, perhatikan dulu aturannya. Karena jika Anda tetap melakukannya, waspadai gendang telinga bisa pecah.

Dilansir Boldsky, Jumat (3/3/2017), seseorang yang memiliki kotoran telinga bukanlah komplikasi medis, termasuk pada bayi. Kecuali memang menimbulkan rasa sakit atau masalah kesehatan lainnya.

Kotoran telinga adalah zat lilin yang disekresikan dari saluran telinga manusia, juga dikenal sebagai serumen. Kelenjar tersebut mengeluarkan kotoran telinga sebagai penghalang alami yang dapat melindungi telinga. Serumen juga bertindak sebagai agen pembersih yang melumasi saluran telinga.

Jika bermasalah, ada beberapa gejalanya yang ditunjukkan. Telinga menjadi sakit, rasa gatal tak kunjung hinga, dan terdengar suara berisik di dalamnya.

Hal pertama dan terpenting untuk diingat yairu orangtua tidak lagi membersihkan telinga dengan cotton bud, sekalipun untuk membersihkan lilinnya. Cara ini dapat menyebabkan kerusakan serius pada gendang telinga.

Bahkan, yang paling benar yaitu, telinga tidak usah dibersihkan sendiri karena justru menjadikan penumpukan kotoran. Kalau memang ada masalah di bagian telinga, segera cek ke dokter untuk ditangani lebih lanjut.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini