Liburan ke Pantai Ada Manfaat Sehatnya bagi Organ Tubuh

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 04 Maret 2017 09:02 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 03 481 1633662 liburan-ke-pantai-ada-manfaat-sehatnya-bagi-organ-tubuh-uSIpuUWXtM.jpg Ilustrasi (Foto: Readerdigest)

MUMPUNG weekend, yuk nyeberang ke pulau di dekat tempat tinggal Anda untuk mendapatkan manfaat sehatnya. Karena menurut para ahli, liburan ke pantai punya manfaat yang baik dan memperpanjang umur.

Dilansir Superheroyou, Sabtu (4/3/2017), berikut ini tujuh manfaat liburan ke pantai bagi kesehatan. Harap disimak ya ulasannya!

Merangsang saraf telapak kaki

Berjalan di pasir merangsang 200.000 ujung saraf di telapak kaki Anda. Selain juga, Anda berjalan kaki dengan menggunakan otot-otot kaki. Terlebih, jika Anda tidak memakai alas kaki, dapat lebih banyak membakar kalori. Butuh pula energi karena harus berjalan di atas permukaan pasir.

Baik untuk kulit

Pasir putih mengandung exfoliant alami, sehingga dapat menggosok kulit mati dan memungkinkan pori-pori Anda bernapas. Selain itu, jika digosokkan ke muka dapat menyingkirkan komedo dan jerawat.

Juga, kandungan garam alami dari air laut mengandung kalium klorida yang membantu sembuhkan dermatitis, ruam kulit, serta meningkatkan elastisitas kulit.

Meringankan stres

Gelombang air laut sangat pas didengarkan oleh telinga, karena dapat menenangkan otak yang membuat Anda semakin rileks. Suara deburan air laut akan memicu pelepasan dopamin dan serotonin dalam otak.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ketika orang sering sakit, dokter akan meresepkan liburan ke pantai. Di pantai, sinar matahari pagi dan sore melepaskan vitamin D yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Selain itu, gelombang mengandung yodium yang sangat bagus untuk mencegah tiroid.

Meringankan stres

Udara di pantai diduga sesak-penuh ion negatif. Tidak hanya ini meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, tetapi mereka juga membantu menyeimbangkan kadar serotonin. Hal ini meningkatkan mood dan mengurangi tingkat stres Anda, ditambah membantu Anda tidur lebih baik di malam hari!

Lebih mudah untuk berolahraga

Di pantai, selain berjemur Anda juga dapat berolahraga. Biasanya pantai di tengah perkotaan tersedia fasilitas jogging track atau track cycling. Saat berolahraga di pantai, membakar kalori jadi lebih menyenangkan.

Lebih mudah untuk makan seafood

Seafood mengandung tinggi asam lemak omega-3 yang sehat dikonsumsi. Apalagi jika kondisi ikannya segar, semakin sehat dikonsumsi. Makanan tersebut dapat mencegah risiko serangan jantung, karena dapat mengatur kadar trigliserida dalam darah.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini