nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Yuk Kenali Beragam Jenis Gamis Pria dari Negara Timur Tengah

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Senin 06 Maret 2017 18:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 03 06 194 1635435 yuk-kenali-beragam-jenis-gamis-pria-dari-negara-timur-tengah-MX5qTtjYhP.jpg Ilustrasi gamis pria (Foto: Amazon)

KUNJUNGAN Raja Arab Saudi, Raja Salman bin Abdulaziz, beserta rombongan ke Indonesia memang menarik perhatian masyarakat. Bukan hanya soal agenda yang dilakukan mereka di Tanah Air, gaya hidup serta penampilan juga menjadi perbincangan.

Ya, bicara soal penampilan, Raja dan para pangeran Arab Saudi itu memang selalu berbalut busana terusan berpotongan longgar warna putih yang di Indonesia dikenal dengan gamis. Namun, tahukah Anda jika model busana tersebut rupanya tak hanya dikenakan oleh para anggota keluarga kerajaan Arab Saudi.

Di negara kawasan Timur Tengah lainnya, busana jenis ini juga digunakan oleh para kaum pria. Namun, berbeda negara maka berbeda pula nama istilah yang digunakan. Yuk, kenalan dengan beberapa busana model pria dari berbagai negara, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

Jellabiya atau galabiya

(Foto: Dealday)

Mulai dari Arab Saudi, Yordania, Kuwait, Mesir, hingga Afrika, para pria mengenakan busana yang dikenal dengan jellabiya atau galabiya. Tampak serupa dengan thawb atau kondura, potongan jelabbiya lebih lebar, tidak ada kerah, dan model lengannya pun juga lebar. Perihal warna, saat musim panas jellabiya banyak hadir dengan warna putih. Sementara, saat musim dingin, hadir dengan material lebih tebal berwarna abu, hijau gelap, olive, biru, atau cokelat.

Thawb atau kondura

(Foto: Esquireme)

Thawb atau dikenal pula dengan kondura merupakan busana yang kerap dikenakan oleh pria Arab dan Irak. Umumnya thawb terbuat dari material katun, atau kain wol domba yang lebih tebal jika digunakan saat musim dingin. Untuk memberi kesan formal, bagian kerah thawb dibuat kaku. Di Moroko, bagian lengan thawb dibuat lebih pendek sehingga menyerupai kemeja berlengan panjang. Terdapat kantong yang di bagian depan dengan aksen embroidery.

Jubba

(Foto: Amazon)

Jubba adalah istilah dari Turki berupa potongan jubah dengan panjang di bawah lutut. Berlengan panjang, jubba menyerupai kaftan jika diibaratkan seperti busana wanita. Lazimnya, jubba dikenakan oleh ulama, hakim, hingga profesor. Selain warna putih, jubba juga hadir dengan warna hitam, biru, abu-abu, biru dongker, dan lain-lain.

Jubbas

(Foto: Justmuslim)

Mirip dengan galabiya dan hampir tidak ada bedanya. Istilah jubbas asalnya dari Turki yang kemudian dipakai untuk busana model ini di negara-negara Arab. Yang paling membedakan galabya dan jubbas cuma soal warna. Jubbas tidak lagi putih polos, tapi ada warna hitam, biru, abu-abu, dongker, dan lain-lain.

Kurta

(Foto: Pinterest)

Kurta lebih banyak dikenakan oleh pria Pakistan, India, dan Nepal. Kurta hadir dengan potongan lurus dan longgar dengan panjang di bawah lutut.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini