nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Merawat Abaya Pria biar Tidak Mudah Rusak

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 06 Maret 2017 20:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 03 06 194 1635567 tips-merawat-abaya-pria-biar-tidak-mudah-rusak-JnbPwXaLnR.jpg Abaya pria (Foto: Shutterstock)

ABAYA memang selama ini lekat dengan imej busana kaum Hawa dari Tanah Arab. Eits, jangan salah lho, ternyata abaya ini juga wajar dan biasa dikenakan untuk kaum pria.

Mengingat bahwa setelan abaya ini biasanya dibanderol dengan harga yang tidak murah. Maka dari itu rasanya sangat sayang jika abaya di lemari pakaian jadi mudah kusam atau bahkan rusak karena salah cara merawatnya.

Masih bingung dalam merawat Abaya dengan baik dan benar? Baca ulasan metode perawatannya berikut ini, seperti dilansir Vogue, Senin (6/3/2017).

Baca label

Hal pertama yang harus dilakukan dalam merawat abaya adalah membaca label yang terdapat di abaya itu sendiri. Perhatikan label, apakah abaya harus dicuci dengan teknik dry cleaner atau bisa dicuci sendiri di rumah. Memperhatikan label yang ada penting adanya, mengingat material bahan abaya berbeda-beda. Mulai dari yang natural hingga fiber yang sintetis.

Bahan crepe harus dicuci tanganĀ 

Jika abaya yang dimiliki terbuat dari material bahan crepe, maka pencuciannya harus dilakukan sendiri dengan menggunakan tangan dan air dingin serta sabun pencuci baju alias deterjen yang ringan. Agar warna abaya tidak cepat memudar.

Keringkan tanpa mesinĀ 

Untuk cara pengeringan, dalam mengeringkan abaya yang sudah dicuci sangat disarankan untuk tidak menggunakan dryer yang terdapat dalam mesin pencuci baju. Sebaliknya, keringkan abaya Anda dengan cara diangin-anginkan secara alami. Mengeringkan abaya dengan alat pengering dalam mesin pencuci akan membuat abaya malah akan terkena paparan sinar panas yang membuat material bahan menjadi berkerut dan warna abaya semakin cepat memudar.

Setrika dengan panas rendah

Saat disetrika, seting alat setrika atau steamer dengan seting panas yang paling rendah. Pastikan pula Anda membalik bagian dalam abaya menjadi bagian luar saat menyetrika abaya.

Gantungan baju khusus

Jangan pernah menyimpan abaya dalam lemari pakaian, dengan posisi digantung menggunakan wire hangers yang dapat merusak bentuk tekstur bahu dari abaya. Kenakan hanger dari velvet atau felt hangers yang tidak akan merubah bentuk atau shape dari abaya. Hindari juga abaya dari paparan sinar matahari langsung untuk menghindari lunturnya abaya kesayangan Anda.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini