Share

Buang Bagian Ini, Bikin Tumis Daun Pepaya Enggak Pahit Lagi

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Senin 06 Maret 2017 18:11 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 06 298 1635648 buang-bagian-ini-bikin-tumis-daun-pepaya-enggak-pahit-lagi-kUgXkXMllp.jpg Bagian daun pepaya yang bikin pahit (Foto:Thaifreezedry)

DAUN pepaya kerap diolah sebagai masakan, rasanya yang khas membuat banyak orang ketagihan. Tapi rasa pahit yang berlebih kadang justru mengurangi kelezatannya.

Ternyata ada bagian daun pepaya yang memang memiliki rasa pahit yang lebih besar ketimbang bagian daunnya. Jika bagian ini dihilangkan, bisa membuat rasanya tidak terlalu pahit, selain dengan ditambahkan bahan-bahan lainnya.

Bagian itu adalah tulang dari daun pepaya itu sendiri. Daun pepaya memiliki tulang daun yang berukuran lumayan besar, tulang daun ini yang menjadi salah satu penyebab pahitnya daun pepaya.

Karenanya saat akan mengolah daun pepaya, usahakan hanya menggunakan bagian daunnya saja dan membuang seluruh tulang daun terutama yang memiliki ukuran besar. Tulang daun ini juga kadang mengganggu saat daun pepaya diolah dengan cara ditumis.

Sementara cara lainnya yang bisa mengurangi rasa pahit daun pepaya itu adalah dengan menambahkan daun jambu biji. Secara tradisional, daun jambu biji dimanfaatkan para ibu untuk menghilangkan rasa pahit berlebih dari daun pepaya.

Cara menggunakannya cukup simpel, ambil beberapa lembar daun jambu biji kemudian rebus bersama daun pepaya hingga mendidih dan lunak. Angkat serta tiriskan, jangan lupa memisahkan daun jambu bijinya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini