nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Risiko Duduk Terlalu Lama untuk Pekerja Kantoran

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Senin 06 Maret 2017 12:43 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 03 06 481 1635186 ini-risiko-duduk-terlalu-lama-untuk-pekerja-kantoran-cTjiN4UGiZ.gif Bahaya terlalu lama duduk di kantor (Foto: Nation)

DUDUK terlalu lama sering kali dikaitkan dengan bahaya risiko sakit jantung. Terutama, Anda yang bekerja di kantor, wajib mengetahui apa penyebab dan cara mengatasinya. 

Sebuah studi dari University of Warwick, Inggris, mengungkapkan bahwa duduk terlalu lama bisa membahayakan kesehatan pinggang. Penelitian yang dipimpin oleh dr William Tigbe dari Warwick Medical School, menemukan, pekerja yang duduk terlalu lama di atas kursi memicu pelebaran pinggang dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Tidak heran, banyak penelitian yang menyarankan Anda untuk sedikit lebih aktif. Setidaknya, Anda perlu berdiri dari kursi dan menghindari menatap layar komputer selama tujuh jam sebagai pencegahan sederhana gangguan jantung.

Dr Tigbe menganalisis 111 pekerja postal Royal Mail, Glasgow, Inggris. Ia memonitor aktivitas mereka selama 7 hari. Lebih rinci, 55 orang adalah pekerja kantor dan 56 orang mengantarkan pos.

Studi menunjukkan, perbedaan antara kedua kelompok tersebut. Mereka yang bekerja di balik meja memiliki lingkar pinggang lebih besar 97 cm dibandingkan mereka yang mengatarkan pos. Perbedaan indeks masa tubuh berbeda sekira 1 unit. Ia mengatakan, setiap pertambahan 1 cm, mengalami peningkatan 0,2 persen.

Sementara itu, mereka yang cenderung duduk lama memiliki peningkatan risiko kardiovaskular untuk sepuluh tahun ke depan. Bahkan, kadar kolesterol jahat meningkat dan kadar kolesterol baik menurun setiap jam duduk.

Menurut dr Tigbe, faktor risiko setidaknya bisa menurun ketika Anda berjalan 15.000 langkah setiap hari. Setidaknya cara ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Demikian dilansir dari laman Dailynation, Senin (6/3/2017).

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini