nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nih, 5 Tips Aman Pakai Earphone, Volume Jangan di Atas 60 Persen

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 06 Maret 2017 17:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 03 06 481 1635515 nih-5-tips-aman-pakai-earphone-volume-jangan-di-atas-60-persen-31JQ60FOdJ.jpg Bahaya mendengarkan musik pakai earphone (Foto: Khoobsurati)

MENDENGARKAN musik memang membangkitkan semangat untuk mulai beraktivitas. Tapi bagi sebagian orang, sangat nyaman pakai earphone di saat mendengarkan lagu kesukannya.

Bukan berarti tidak boleh, asal Anda tahu batas aman dan tidak terlalu sering memakai earphone saat mendengarkan musik. Karena penggunaan earphone terlalu sering, apalagi suaranya sangat kencang bisa berisiko ketulian.

Spesialis THT dr Damayanti Soetjipto, SPTHT-KL(K) membeberkan tips aman menggunakan earphone dalam kehidupan sehari-hari, dirangkum Okezone, Senin (6/3/3017).

- Saat mendengarkan musik dengan earphone jangan pasang volume tinggi. Telinga Anda akan terasa tidak nyaman, bahkan kalau suaranya bisa sampai kedengaran orang lain di sekitarnya.

- Batasan volume yang dipakai untuk mendengarkan musim yaitu sampai 60 persen. Itupun tak boleh lama-lama karena bisa bikin tuli sesaat.

- Ketika mendengarkan musik dengan earphone paling lama hanya boleh satu jam saja. Lebih dari itu, bisa menyebabkan gendang telinga terganggu, apalagi kalau dilakukan setiap hari.

- Tidak memakai earphone di saat tidur. Setidaknya, telinga Anda butuh istirahat dan tidak ada rangsangan otak yang bekerja. Rasa-rasanya telinga Anda bisa 'tersiksa' akibat mendengarkan musik.

- Bersihkan earphone setelah dipakai. Hal ini mencegah kotoran masuk ke dalam lubang telinga yang berbahaya. Harap diperhatikan ya!

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini