nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Promosikan Kuliner Tradisional, Pemerintah Harus Fokus

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 07 Maret 2017 19:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 03 07 298 1636689 promosikan-kuliner-tradisional-pemerintah-harus-fokus-bwRnw2g1sM.jpg Promosikan kuliner Indonesia, pemerintah harus fokus (Foto:Cnn)

SEBAGAI negara yang memiliki beragam keindahan alam dan kebudayaan tradisional, tak heran jika Indonesia memiliki daya tarik tersendiri di mata dunia internasional, termasuk di sektor kuliner.

Berbagai kuliner nusantara seperti rendang, nasi goreng, dan soto sempat menyita perhatian dunia berkat rasa lezatnya yang khas. Ini menunjukkan bahwa kuliner bisa menjadi salah satu media diplomasi Indonesia untuk menembus pasar internasional.

Hal tersebut juga diakui oleh Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf.

"Soal rasa, makanan kita bisa kok bersaing di kancah internasional. Sekarang yang harus kita lakukan adalah fokus untuk mempromosikan dan mengembangkan potensi-potensi yang ada," tutur Triawan, dalam acara konferensi pers "Bango Dorong Regenerasi Pelestarian Warisan Kuliner Nusantara", di Restoran Bebek Bengil, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (7/3/2017).

Triawan juga mengungkapkan, tantangan yang sekarang dihadapi pemerintah adalah meningkatkan standarisasi restoran-restoran Indonesia yang tersebar di berbagai negara.

Menurutnya, harus ada standarisasi menyangkut kebersihan, tempat, hingga menu makanan yang disajikan.

"Saya sering datang ke pameran kuliner, tapi tidak ada standar kebersihan yang kuat. Contoh kecilnya mereka menggunakan kain lap untuk semua keperluan, mulai dari membersihkan meja hingga mengelap keringat mereka sendiri," tutur Triawan sambil tertawa kecil.

Melalui acara yang diselenggarakan Bango, diharapkan dapat melestarikan kuliner nusantara dengan cara mendorong semangat dan peranan generasi muda. Hal ini bertujuan untuk melahirkan berbagai inovasi yang mengikuti perkembangan zaman tanpa harus meninggalkan kearifan lokal yang terkandung dalam warisan kuliner nusantara.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini