Nih, Ciri-Ciri Wanita yang Mengalami Gangguan Sendi dan Otot

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 09 Maret 2017 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 09 481 1638134 nih-ciri-ciri-wanita-yang-mengalami-gangguan-sendi-dan-otot-k9hXZVzkQW.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

TAK hanya menjaga kesehatan tulang, bagian sendi dan otot pun harus dilatih agar tak terjadi kekakuan otot. Ini harus diperhatikan, terutama bagi kaum hawa.

Spesialis Kedokteran Olahraga dr Andi Kurniawan SpKO mengatakan, wanita sangat rentan mengalami gangguan sendi dan otot. Apalagi kalau dia jarang olahraga, begitu juga dengan jarang melakukan aktivitas fisik yang sederhana.

"Kalau kesehatan tulang, sendi dan otot terasa terganggu biasanya pas duduk terasa gak nyaman di bagian punggungnya, bawa tas jinjing bahunya terasa sakit, dan lain sebagainya," ujar dr Andi saat ditemui usai sebuah acara di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu 8 Maret 2017.

Sayangnya, menurut dr Andi, tak smeua wanita memahami masalah gangguan kesehatan pada sendi dan otot. Dia akan melakukan massage dengan harapan rasa nyeri dan kekakuan itu hilang.

Akhirnya, setelah pijat tak ada dampak baik yang dirasakan. Otot tetap kaku, sehingga Anda tetap terasa pegal-pegal saat beraktivitas.

"Ketika pegal dan capek langsung massage. Itu boleh, tapi kalau tetap pegal harus ke dokter untuk di-rontgen," paparnya.

Lebih lanjut, tambah dr andi, ketika wanita sudah mengalami ciri-ciri gangguan sendi dan otot harus tetap dilatih. Janganlah malas bergerak agar tidak terjadi kelemahan dan perlahan-lahan meringan kan gejalanya.

"Kalau ototnya terasa kaku dna sendinya juga ada masalah, jangan malas gerak. Justru kalau malas, ototnya jadi tambah kaku dan lemah, serta menimbulkan masalah lainnya," tutupnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini