Aktivitas Fisik 30 Menit Libatkan Gerakan Aerobik Bantu Wanita Kuatkan Tulang

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 09 Maret 2017 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 09 481 1638608 aktivitas-fisik-30-menit-libatkan-gerakan-aerobik-bantu-wanita-kuatkan-tulang-b3XKMc9YWW.jpg Ilustrasi (Foto: Aerobik)

SETIAP wanita harus menjaga kesehatan tulang agar terhindar dari osteroporosis di masa menopause. Salah satu strategi yang sederhana yakni menyempatkan aktivitas fisik 30 menit.

Spesialis Kedokteran Olahraga dr Andi Kurniawan SpKO mengatakan, wanita diharapkan mau melakukan aktivitas fisik di rumah atau di kantor. Dari kegiatan itu, fungsinya bagus untuk kesehatan tulang, sendi dan otot.

"Aktivitas fisik yang benar yaitu melibatkan kontraksi otot dan pengeluaran energi. Kategorinya ada sedang ringan dan berat, misalnya jalan cepat di mall," kata dr Andi saat ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, kemarin.

Setiap orang wajib melakukan aktivitas fisik 30 menit sehat dan total kisaran 150 menit seminggu. Salah satunya yakni latihan aerobik seperti berenang atau jalan kaki. Kalau bosan, Anda juga bisa melakukan latihan angkat beban ringan yang tak memicu cedera.

Selain untuk memperkuat tulang, Anda yang tak melewatkan aktivitas fisik juga dapat mencegah penyakit degeneratif. Karena tren penyakit tersebut kini jumlah prevalensinya semakin bertambah.

"Banyak sekarang orang kena penyakit jantung, kanker, paru-paru, sampai penyakit yang berkaitan dengan osteoporosis, gangguan sendi dan otot. Pencegahannya bisa dengan aktivitas fisik. Ingat, semakin bertambah usia, bagian tubuh kita semakin lemah,"pangkas dr Andi ramah.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini