nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Sedih Say! Ini Sederet Keuntungan Wanita Berkulit Gelap

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 10 Maret 2017 15:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 03 10 194 1639446 jangan-sedih-say-ini-sederet-keuntungan-wanita-berkulit-gelap-z79YrdOWT6.jpg Kulit gelap (Foto: Makeupandbeauty)

TIDAK dipungkiri masih banyak yang menganggap bahwa cantik sama dengan kulit yang putih. Di mana imej ini akhirnya banyak membuat wanita yang memiliki warna kulit gelap menjadi kurang percaya diri alias minder karena merasa dirinya tidak cantik.

Eits jangan bersedih dahulu Ladies, wanita yang berkulit gelap pun memiliki keuntungan tersendiri lho! Apa saja? Baca uraiannya singkatnya di bawah ini yuk!

Risiko kulit terbakar lebih kecil

Kulit berwarna gelap lebih jauh bisa beradaptasi dengan sinar matahari dan mempunyai kuantitas pigmen melanin yang lebih tinggi, makin gelap warna kulit makin tinggi melanin yang terdapat di kulit. Maka dari itu, wanita berkulit putih seringkali mudah terbakar sinar matahari, dari kemerahan hingga timbul rasa sakit. Tetapi dengan warna kulit yang lebih gelap, risiko kemerahan pada kulit atau rasa nyeri karena terbakar sinar matahari akan lebih kecil.

No photoaging

Garis kerutan, keriput, garis urat nadi, bintik freckles, hingga noda hitam yang biasa disebut dengan sebutan photoaging ini banyak terdapat dan lebih mudah terlihat pada wajah wanita yang berkulit putih. Namun hal ini tentunya tidak terjadi pada wanita berkulit gelap, karena kulit berwarna gelap jauh lebih terlindungi saat terkena sinar matahari (walaupun dengan intensitas sinar yang sama).

Risiko lebih kecil terkena kanker kulit 

Wanita berkulit gelap dengan kandungan melanin yang tinggi sangatlah beruntung karena melanin inilah yang bekerja sebagai “paying alami” yang sangat melindungi kulit dari paparan sinar UV yang jahat serta radiasi matahari yang bisa masuk ke dalam jaringan sel-sel dalam tubuh dan DNA yang bisa menimbulkan efek penyakit kanker kulit. Demikian seperti dilansir Practo, Jumat (10/3/2017).

(slv)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini