nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rahasia Membuat Sate Klatak yang Menggugah Selera

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 12 Maret 2017 19:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 03 10 298 1639498 rahasia-membuat-sate-klatak-yang-menggugah-selera-VTYFzkwKcP.jpg Sate klatak Yogyakarta (Foto:Devi/Okezone)

YOGYAKARTA tidak melulu soal gudeg dan bakpia. Kota pelajar ini memiliki segudang kuliner tradisional lainnya, tentu saja dengan rasa lezat dan menggugah selera. Sebut saja sate klathak.

Sate klatak sendiri merupakan sate daging kambing muda yang dipanggang menggunakan jeruji sepeda. Teknik pengolahan ini dimaksudkan agar daging kambing dapat merekat dengan kuat, sehingga tidak lepas saat sedang dipanggang. Pasalnya, ukuran daging yang digunakan tiga kali lebih besar dibandingkan sate pada umumnya.

Kendati demikian, mengolah sate klatak ternyata tidak bisa sembarangan. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar cita rasa daging kambing dapat

"Membuat sate klatak itu simple banget. Tapi harus memilih daging kambing yang masih muda. Kira-kira yang umurnya 9 - 14 bulan," tutur Dimas, Pemilik Sate Klatak Mas Tanto, kepada Okezone.

Lebih lanjut ia menambahkan, sebelum daging kambing dipotong, harus dilakukan teknik pemijitan agar bumbu marinasi dapat meresap secara merata.

"Daging harus di pijet pijet dulu biar otot atau seratnya pecah, sehingga daging akan terasa empuk. Untuk bumbu marinasinya juga harus menggunakan garam kasar. Setelah itu tinggal dipanggang selama kurang lebih 2-3 menit," jelas Dimas.

Agar terasa nikmat, sate klatak biasanya disajikan dengan kuah kaldu. Proses pembuatannya pun cukup sederhana, namun tetap harus memperhatikan beberapa unsur terpenting.

"Semua bumbu rempah-rempah harus diuleg jangan diblender. Kalau diblender terkadang akan terasa pahit yang disebabkan oleh pisau blender berbahan metal. Jika sudah halus, bumbu tinggal dicampurkan ke dalam kuah kaldu," tukasnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini