Lebih Sehat Mana, Buah Dipotong, Diblender atau Dijus?

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 10 Maret 2017 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 10 481 1639065 lebih-sehat-mana-buah-dipotong-diblender-atau-dijus-oPkNNnMaKe.jpg Ilustrasi (Foto: Cosmopolitan)

BUNDA, Anda pasti akan bingung dan merasa bosan untuk mengolah buah-buahan sebelum dikonsumsi. Anda akan merasa jika buah potong lebih baik dari buah yang diblender. Bagaimana penjelasannya?

Kandungan serat dalam buah, menurut Konsultan Gastroheaptologi Anak dr Frieda Handayani SpA(K), sangat baik untuk anak karena tidak ditemukan pada sumber makanan lain. Pada buah yang dipotong, kandungan seratnya utuh dan bisa langsung dicerna oleh usus.

"Dari buah potong saat digigit hasilnya mengeluarkan karbohidrat dan enzim selulase. Ini sangat bagus untuk pencernaan,"kata dr Frieda saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis 9 Maret 2017.

Saat anak makan buah potong juga bermanfaat untuk menguatkan otot mulut dan rahangnya. Anak-anak membutuhkannya untuk mendukung kesehatan mulutnya.

Sementara dalam buah yang diblender tetap mengeluarkan enzim selulase. Bahkan keuntungannya, anak lebih banyak makan serat dan tak perlu mengunyahnya hingga halus.

Ditambah lagi jika Anda membuat jus sayur dan buah yang hanya diambil sarinya saja. Anak cenderung tidak banyak mendapatkan serat, tapi ada vitamin dan mineral, serta serat yang larut dalam air yang dicernanya.

"Ketiga-tiganya OK, tapi ibu harus mengkombinasikan setiap hari dalam memberikan anak buah,"tukas dr Frieda.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini