Ini Bahaya Wanita yang Suka Pakai Tas Jinjing Berat

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 10 Maret 2017 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 10 481 1639109 ini-bahaya-wanita-yang-suka-pakai-tas-jinjing-berat-9WS9FIU8Fe.jpg Ilustrasi (Foto: Everydayhealth)

WANITA akan selalu nyaman dengan membawa tas jinjing saat bepergian. Tapi barang bawaan yang dibawanya bermacam-macam, sehingga membuat tasnya tampak berat.

Risikonya tentu ada jika Ladies membawa tas jinjing yang berat. Terutama di bagian sendi dan otot bahu yang seharusnya bisa dicegah.

"Kalau wanita bawa tas jinjing, isinya berat pasti akan membebani satu sisi bahu. 80 persen problemnya wanita mengalami gangguan otot karena ini," kata dr Andi, saat ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, kemarin.

Bahkan, tambah dr Andi, wanita juga punya kebiasaan mengambil tas yang posisinya jauh darinya. Semisal, wanita akan memaksa mengambil di bagian jok belakang mobil, sementara dia duduk di depan yang ruang gerak ototnya terbatas.

"Yang semakin memperberat risiko gangguan otot yaitu ambil tasnya di jok belakang mobil yang ruang sendirinya terbatas. Ini paling sering terjadi karena ototnya kurang kuat dan beban meningkat,"paparnya,

Bila kebiasaan itu dibiarkan, menurut dr Andi, akan mengarah pada gangguan sendi. Akibatnya, bagian sendi jadi mengeras dan sulit digerakkan sama sekali.

"Berbahaya kalau dibiarkan bisa jadi frozen shoulder. Jadi sendi kaku dan mengeras. Cara mengatasinya yaitu latihan gerak sendi agar tetap maksimal,"pangkasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini