5 Makanan Terbaik untuk Penderita Penyakit Asam Lambung

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Minggu 12 Maret 2017 09:01 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 10 481 1639293 5-makanan-terbaik-untuk-penderita-penyakit-asam-lambung-XJiPJaSfbi.jpg Kacang-kacangan aman dikonsumsi penderita asam lambung (Foto: Today)

ORANG yang memiliki Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) atau biasa disebut penyakit asam lambung tidak bisa sembarangan dalam mengonsumsi makanana. Karena, makanan tertentu dapat membuat gejala GERD muncul atau kambuh.

Ketika kambuh, orang yang memiliki GERD akan merasakan mulas dan asam lambungnya naik ke kerongkongan. Tentu kondisi ini dapat membuat mereka sangat tidak nyaman.

Untuk mengurangi ketidaknyamanan akibat GERD, Anda dapat memasukkan makanan tertentu dalam diet harian. Berikut adalah beberapa makanan yang membantu meringankan gejala-gejala GERD seperti dilansir dari laman Today:

Kacang buncis

Tidak semua sayuran memiliki asam yang rendah. Jika Anda rentan terhadap penyakit asam lambung, mungkin perlu mengonsumsi kacang-kacangan hijau, termasuk buncis. Asupan ini juga merupakan sumber magnesium, mineral yang berperan untuk kontraksi saraf, di mana memiliki efek menenangkan.

Beras merah

Beras merah tidak akan membuat penderita penyakit asam lambung merasakan ketidaknyamanan. Makanan kaya serat ini akan menjadi teman yang pas untuk ayam atau salmon panggang. Hanya diingat untuk tidak menggorengnya, karena dapat membuat gejala asam lambung memburuk.

Pisang

Tidak hanya menjadi asupan pilihan alkali, tetapi pisang juga berperan sebagai antasid. Hal ini akan melindungi lapisan perut selama proses pencernaan. Pisang juga mengandung tinggi kalium yang merupakan mineral alkali dalam tubuh.

Cuka apel

Mungkin Anda bertanya, apakah keasaman cuka apel benar-benar membantu mencegah gejala penyakit asam lambung? Penyakit asam lambung kadang-kadang dapat terjadi akibat asam di lambung terlalu sedikit, sehingga cuka apel dapat memberikan manfaat. Anda tidak perlu meminum cuka apel, tambahkan pada sayuran atau saus buatan sendiri.

Teh adas

Secangkir teh adas bisa menguntungkan untuk saluran pencernaan karena memiliki sifat anti-peradangan. Senyawa alami dalam adas menenangkan perut dan kandungan seratnya mempromosikan pencernaan yang sehat.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini