Share

Cicip Yuk Minuman Unik Khas Indonesia dengan Bahan Tak Biasa

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Minggu 12 Maret 2017 12:49 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 12 298 1640664 cicip-yuk-minuman-unik-khas-indonesia-dengan-bahan-tak-biasa-3basi7fpOV.jpg Sputar minuman (Foto: Huffingtonpost)

INDONESIA punya sejuta keunikan yang tak dimiliki negara lain. Beberapa di antaranya datang dari kulinernya yang dibuat dengan menggunakan berbagai bahan tak biasa.

Dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (12/3/2017) berikut tiga minuman khas Indonesia yang dibuat dengan bahan tak biasa. Jika menemukan menu ini di daerah asalnya, jangan lupa untuk mencicipi ya.

Wedang uwuh

Dalam bahasa Jawa, uwuh memiliki arti sampah. Ya, wedang ini dibuat dengan menggunakan berbagai bahan dan rempah sehingga memiliki tampilan yang berantakan layaknya sampah. Dalam segelas wedang ini terdiri dari campuran kayu manis, kayu secang, cengkeh, kapulaga, sereh dan bahan lain. Kemudian air yang digunakan adalah air rebusan jahe yang segar dan menghangatkan tubuh.

Kopi joss

Pecinta kopi nusantara tampaknya wajib mencicipi kopi yang populer di Yogyakarta ini. Segelas kopi robusta panas ditambahkan beberapa bongkah bara arang kayu. Suara bara yang panas kala terkena air akan menghasilkan suara khas, joss. Keunikan kopi ini sukses menarik perhatian wisatawan yang melintas kawasan Malioboro. Belum afdol rasanya menikmati kota Yogya tanpa mencicip kopi joss.

Teh bunga telang

Di Indonesia bagian Timur banyak tumbuh bunga telang. Bunga dengan warna khas ungu cerah ini ternyata bisa dibuat sebagai teh. Bunga telang ditambahkan dalam segelas air panas kemudian tunggu hingga airnya berubah menjadi keunguan. Bunga telang juga bisa jadi campuran wedang. Selain memiliki rasa yang enak, tambahan bunga telang ini bisa mengobati panas dalam dan sakit tenggorokan.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini