nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wah, Ini Dia Manfaat Zumba Selama 12 Minggu bagi Kesehatan

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Senin 13 Maret 2017 17:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 03 13 481 1641549 wah-ini-dia-manfaat-zumba-selama-12-minggu-bagi-kesehatan-76vcgDHj87.jpg Zumba bantu bakar kalori (Foto: Zumba.com)

BIASANYA individu akan lebih bersemangat bila olahraga dilakukan secara berkelompok. Misalnya saja zumba. Selain dilakukan berkelompok, irama musik yang dihasilkan juga akan memicu antusias Anda.

Tidak hanya menyenangkan, ternyata zumba juga memiliki manfaat untuk kesehatan Anda lho.

Melatih kekuatan tubuh

Tarian ini merupakan kombinasi antara salsa dan aerobik. Gerakan zumba melibatkan seluruh anggota tubuh, seperti lengan, bahu, maupun kaki Anda. Selain itu, zumba dapat melatih kekuatan tubuh Anda.

Membakar kalori dan lemak

Sebuah studi 2012 menemukan, 39 menit zumba dapat membakar sekira 9,5 kalori per menit atau 369 kalori secara total. Olahraga aerobik ini dapat memberikan hasil yang signifikan bila dilakukan 12 minggu secara rutin.

Baik untuk kesehatan kardiovaskular

Musik zumba identik dengan irama yang cepat. Gerakan berirama cepat ini mampu membangun ketahanan tubuh dalam beberapa sesi latihan. Dalam 12 minggu menjalani program zumba, denyut jantung dan tekanan darah sistolik mengalami peningkatan kinerja.

Memperbaiki tekanan darah

Wanita yang memiliki masalah kelebihan berat badan dan melakukan zumba selama 12 minggu dapat mengalami penurunan tekanan darah. Bahkan, zumba mampu membantu mereka menurunkan berat badan secara signifikan. Demikian dilansir dari Healthline, Senin (14/3/2017).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini