nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kandungan Antioksidan yang Baik Bukan Berasal dari Vitamin C?

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Senin 13 Maret 2017 18:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 03 13 481 1641556 kandungan-antioksidan-yang-baik-bukan-berasal-dari-vitamin-c-rGivWQXKpD.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

DI manakah Anda mendapatkan asupan antioksidan? Umumnya, antioksidan ditemukan dalam buah-buahan seperti anggur, jeruk, stroberi, dan lainnya. Tetapi ketahuilah ternyata antioksidan dalam astaxathin lebih baik dibandingkan buah-buahan lain.

Disebutkan oleh Dr Iyer Balasubramaniam Krishnaswami, MBBS, Medical Adviser asal India, menjelaskan bahwa dalam studi Carotenoid Science pada 2007, astaxathin memiliki antioksidan 5.000 kali lipat dibandingkan vitamin C. Bahkan 17 kali lipat lebih kuat dibandingkan biji buah anggur.

"Selama ini kita mengerti antioksidan ini terdapat di dalam vitamin C, vitamin E, beta karoten, likopen. Namun astaxanthin memiliki keunggulan tersebut," kata dr Iyer dalam diskusi kesehatan di kawasan Bogor, Jawa Barat.

Saat diuji kandungan antioksidannya dengan tomat, stroberi, atau buah-buahan lainnya, astaxanthin memiliki kadar ORAC (oxygen radical absorbance capacity) atau kekuatan antioksidan yang paling tinggi.

Karena kandungan antioksidannya yang tinggi, astaxathin dapat melindungi sel-sel tubuh secara alami. Dr Iyer menyebutkan, tidak hanya dari luar, tetapi molekul ini dapat melindungi sel manusia hingga ke dalam dan dapat mencegah penyakit degeneratif.

"Efek ini seperti efek penangkal petir. Astaxanthin kerjanya bisa sampai melindungi sel. Selain mencegah penyakit degeneratif, molekul ini bisa membuat orang tampak lebih awet muda," pungkasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini