Hati-Hati, Tekanan Darah Turun Mendadak Mendadak Bisa Demensia

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 13 Maret 2017 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 13 481 1641563 hati-hati-tekanan-darah-turun-mendadak-mendadak-bisa-demensia-dQqjtLM2SG.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

SELAMA ini, orang dengan tekanan darah tinggi selalu menderita risiko penyakit degeneratif. Tapi peneliti baru saja mengungkap jika orang yang mengalami penurunan tekanan darah mendadak juga dapat menderita demensia, salah satu penyakit degeneratif.

Dilansir Boldsky, Senin (13/3/2017), orang paruh baya yang mengalami penurunan tekanan darah atau yang disebut dengan istilah hipotensi ortostatik, 20 tahun kemudian berisiko menderita demensia.

Temuan menunjukkan, saat terjadinya hipotensi ortostatik dapat menyebabkan gangguan otak dan denyut jantung semakin rendah.

"Kami menemukan bahwa orang-orang yang menderita hipotensi ortostatik pada usia paruh baya, 40 persen lebih mungkin untuk mengembangkan demensia dibandingkan mereka yang tidak," kata Pemimpin Studi Andreea Rawlings dari Johns Hopkins University di Maryland, Amerika Serikat.

Demensia merupakan penyakit yang berkaitan dengan fungsi kognitif manusia. Pencegahan dapat dilakukan sejak muda dengan cara-cara tertentu.

Dalam studi ini, para peneliti menganalisis 703 orang dengan usia rata-rata 54 tahun. Mereka memilih responden dengan masalah penurunan tekanan darah.

Ya, para responden diketahui mengalami sumbatan aliran darah ke otak. Inilah penyebab terjadinya demensia yang dapat menurunkan kualitas hidupnya di masa mendatang.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini