nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bikin Ngiler, Seperti Ini Sate Telur Puyuh Jajanan Pinggir Jalan di China

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Selasa 14 Maret 2017 13:51 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 03 14 298 1642287 bikin-ngiler-seperti-ini-sate-telur-puyuh-jajanan-pinggir-jalan-di-china-yang-e2v2kJYr5V.png Sate telur puyuh jajanan di China (Foto:Youtube)

PERNAH menyantap sate telur puyuh? Ya, mungkin sate telur puyuh yang ada dalam bayangan adalah butir telur puyuh rebus yang dikupas kemudian ditusukkan menggunakan sebilah lidi. Ini biasa, karena di China ada sate telur puyuh yang unik dan bikin ngiler.

Dari situs berbagi video Youtube terlihat sebuah video yang dibagikan pemilik akun Travel Thirsty. Dari video ini terlihat sebuah jajanan unik yang terbuat dari telur puyuh. Sederhana tetapi unik dan menarik, apalagi jika melihat tampilannya yang dijamin memiliki harga murah meriah.

Untuk membuat sate telur puyuh ini digunakan wajan khusus yang sekaligus digunakan sebagai cetakan. Wajan dengan cekungan bulat ini digunakan untuk mencetak telur puyuh. Sebelum telur dimasukkan satu per satu, sebatang tusuk sate terlebih dulu disematkan untuk gagang sate nantinya.

Dalam wajan ini dimasukkan satu per satu telur puyuh yang dimatangkan dengan cara digoreng perlahan. Telur dimasak hingga bagian bawahnya matang dan mengeras, setelah itu baru sate telur dibalikkan ke sisi lainnya agar matang merata.

Dalam satu tusuk sate berisi lima butir telur puyuh, dan sekali masak cetakan ini bisa membuat hingga empat tusuk sate. Untuk menambah rasanya, sate telur puyuh disajikan dengan saus khas.

Saus berwarna merah kecoklatan ini disiram pada sate saat sate sudah matang. Tak ada kemasan atau wadah khusus, sate telur puyuh yang baru matang langsung diberikan pada pembeli yang kebanyakan memang menyantapnya langsung.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini