nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gede Banget, Begini Telur Orak-arik Jajanan Khas India

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Selasa 14 Maret 2017 16:51 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 03 14 298 1642527 gede-banget-begini-telur-orak-arik-jajanan-khas-india-TW8cjOlaHZ.jpg Telur orak arik khas India (Foto:Youtube)

OLAHAN telur tak asing lagi dijadikan sebagai andalan makanan kala lapar mendadak datang. Jika doyan varian olahan telur orak-arik, agaknya wajib coba jajanan pinggir jalan India yang siap menggoyang lidah dengan ukuran yang super besar alias raksasa.

Jika di rumah, umumnya membuat telur orak –arik hanya menggunakan beberapa butir telur maka jajanan India ini dijamin membuat perut Anda dipenuhi telur orak-arik. Tak tanggung-tanggung, untuk membuat masakan ini digunakan 20 butir telur.

Pemilik akun Travel Thristy membagikan video lewat situs Youtube beberapa waktu lalu. Video ini memperlihatkan bagaimana seorang pedagang membuat telur orak-arik ukuran besar. Awal pembuatan dimulai dengan mengiris bawang merah dan menumisnya, setelah bawang matang kemudian disisihkan terlebih dulu.

 

Saatnya menggoreng telur, 20 butir telur dimasukkan dalam wajan datar. Satu per satu pedagang ini memcahkan telur dan menaruhnya di atas wajan, setelah semua telur masuk dalam wajan, ia membubuhkan berbagai bumbu dan rempah pada telur.

Tak menunggu waktu lama, telur kemudian diaduk menggunakan sutil yang juga berukuran besar. Proses mengaduk terus berlangsung sampai telur matang merata dan siap disajikan.

Setelah matang, telur orak-arik raksasa ini kemudian disajikan dalam mangkuk besar untuk disantap bersama roti tawar. Porsi ini untuk dimakan bersama-sama sekitar 8 hingga 10 orang. Jika ingin menyantapnya sendiri, penjual akan membuatkan porsi personal yang hanya menggunakan dua butir telur. Hmm tampilannya sudah cukup menggoda ya, jadi penasaran bagaimana rasanya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini