nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penyebab Penyakit Batu Ginjal, Kurang Minum Air Putih Salah Satunya!

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 14 Maret 2017 18:37 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 03 14 481 1642663 penyebab-penyakit-batu-ginjal-kurang-minum-air-putih-salah-satunya-0DFnEwdEce.jpg Minum air cukup cegah penyakit batu ginjal (Foto: Livestrong)

BATU ginjal dapat dialami oleh siapa saja, termasuk laki-laki dan perempuan. Asal mulanya terjadinya penyakit ini disebabkan karena menggumpalnya kristal di kemih.

Dijelaskan Spesialis Urologi dr Marto Sugiono SpU, batu ginjal bisa muncul akibat kurang minum air putih. Tak cuma itu, Anda yang suka mengonsumsi makanan sumber protein dan kalsium berlebihan juga dapat memicu munculnya batu ginjal.

"Di kemih terbentuk awalnya ginjal selalu ada kristal kecil. Kalau minum air putih cukup, kristalnya langsung larut. Kalau kurang, kristalnya bisa tertarik jadi besar, lalu jadilah batu kecil," terangnya di sela Media Gathering di Siloam Hospital Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa.(14/3/2017).

Dalam proses pembentukan batu ginjal, pasien bisa tidak mengalami gejala apapun. Tetapi jika dibiarkan, bisa-bisa pasien mengalami infeksi

Ketika infeksi, terjadilah kontraksi otot yang bisa mengakibatkan batu ginjal tersumbat. Atau kondisinya bisa membengkak yang membuat pasien tidak nyaman.

"Semakin besar kristalnya yang jadi batu ginjal, biasanya pas kencing jadi berdarah. Ini karena infeksi akibat kontraksi otot," kata dr Marto.

Pencegahan yang dapat dilakukan, menurut dr Marto, Anda harus minum air putih cukup. Minimal Anda minum 2,5 liter air di sela-sela beraktivitas.

Selain juga, setiap tahun Anda harus memeriksa fungsi ginjal. Jika terjadi batu ginjal yang semakin membesar, prosedur tindakannya harus dengan operasi.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini