nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Lho Akibatnya Jika Tak Melindungi Kulit dengan Baik dari Paparan Sinar Matahari

Afiza Nurmuseriah, Jurnalis · Rabu 15 Maret 2017 11:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 03 15 194 1643091 ini-lho-akibatnya-jika-tak-melindungi-kulit-dengan-baik-dari-paparan-sinar-matahari-yAnAo9C4DC.jpg Penting menggunakan tabir surya (Foto: Makeupandbeauty)

SIAPA saja bisa terkena efek buruk dari paparan sinar matahari jika kulit tak dilindungi dengan benar. Seperti telah diketahui pada dasarnya manusia membutuhkan paparan sinar matahari. Ada manfaat dan bahaya sinar matahari.

Lantas, apa bahaya paparan sinar matahari jika Anda tak melindungi kulit dengan baik? Berikut pemaparannya sebagaimana dilansir WebMD, Rabu (15/3/2017).

Kulit terbakar

Pengaruh buruk yang paling terlihat akibat terpapar sinar matahari berlebihan adalah kulit terbakar yang disebabkan sinar UVB (ultraviolet B). Efek kulit terbakar adalah akibat reaksi sel kekebalan pada kulit yang melepaskan histamin dalam jumlah besar. Histamin kemudian menyebabkan pembuluh darah membesar dan terjadinya peradangan akut.

Pengelupasan

Selain itu paparan terus menerus UV akan membuat beberapa sel kulit mati dan akan terjadi pengelupasan kulit. Karenanya penting mengenakan sunscreen sebagai cara menghindari efek buruk tersebut.

Muncul bintik hitam atau freckles

Bahaya paparan sinar ultraviolet juga bisa dialami kulit dengan munculnya bintik-bintik hitam. Bintik-bintik tersebut hasil pigmentasi yang muncul akibat paparan sinar matahari yang tidak rata.

Elastosis

Ini bisa dikatakan meresahkan. Karena paparan sinar ultraviolet bisa menghancurkan jaringan elastis kulit dan kolagen yang menyebabkan munculnya garis-garis halus pada kulit, keriput dan kulit kendur. Atau, yang bisa disebut dengan penuaan dini.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini