nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Coba Pikirkan, Apakah Proteksi Kulit Anda dari Sinar Matahari Sudah Tepat?

Afiza Nurmuseriah, Jurnalis · Rabu 15 Maret 2017 12:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 03 15 194 1643102 coba-pikirkan-apakah-proteksi-kulit-anda-dari-sinar-matahari-sudah-tepat-ACUQ0uzSZK.jpg Tabir surya (Foto: Bustle)

SINAR matahari tak selamanya baik. Paparan sinar UVA dan UVB-nya bisa mengubah pigmentasi kulit dan juga mempercepat tanda-tanda penuaan.

Tanda-tanda penuaan tersebut antara lain, munculnya kerutan hingha freckles atau flek hitam. Bukan tidak mungkin jika tak mencegahnya sedari dini tanda-tanda tersebut akan Anda alami. Lazimnya banyak orang memakai sunscreen untuk melindungi kulit. Namun, apakah pencegahan yang Anda lakukan sudah tepat?

Untuk memastikannya, berikut tips pencegahan paparan sinar ultraviolet yang tepat sebagaimana dilansir WebMD, Rabu (15/3/2017).

Tabir surya penangkal UVA dan UVB

Pastikan Anda mengoleskan tabir surya atau sunscreen dengan Sun Protect Factor (SPF) 30 atau lebih besar lagi untuk perlindungan UVB dan zinc oxide untuk perlindungan UVA. Kemudian tak sembarang waktu, paling tidak berikan tenggang waktu 20 menit sebelum terkena paparan sinar matahari dan setiap 2 jam sekali setelahnya.

Gunakan aksesori tambahan

Pilih pakaian, produk kosmetik, dan lensa kontak yang mengandung perlindungan UV. Jangan lupa untuk memakai kacamata hitam dan topi bertepi lebar untuk melindungi wajah dan leher.

Kenali waktu sinar UV terbanyak

Ini yang terpenting. Hindari langsung paparan sinar matahari selama jam puncak radiasi UV yakni pukul 10 pagi hingga 2 siang.

Oles tabir surya berkala

Lakukan pengujian pada kulit secara teratur setidaknya setiap bulan, untuk melihat apakah cara proteksi diri Anda akan paparan sinar UV Anda telah tepat dengan terus mengoleskan sunscreen.

Pahami pentingnya tabir surya

Jadilah role model untuk orang-orang di sekitar Anda. Sekira 80 persen orang telah merasakan efek buruk paparan sinar ultraviolet sedari usia 18 tahun, maka rutinlah mengenakan sunscreen untuk pencegahan efek paling buruk yakni kanker kulit.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini