Tips Jitu Menghilangkan Bau Amis Ikan Asin

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 16 Maret 2017 06:06 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 15 298 1643692 tips-jitu-menghilangkan-bau-amis-ikan-asin-3VH3MxGIXE.jpg Memilih ikan asin (Foto:Pixabay)

MENU ikan asin bisa menjadi pilihan tepat untuk hidangan keluarga di rumah. Apalagi jika disantap bersama sayur asam hangat. Yummy!

Sayangnya, masih banyak yang belum mengetahui cara ampuh untuk menghilangkan bau amis pada ikan asin. Tidak perlu khawatir! Okezone berhasil merangkum beberapa tips ampuh yang bisa Anda aplikasikan di rumah. Yuk simak ulasan lengkapnya, sebagaimana dikutip dari buku Masakan Ikan Goreng, Bakar, Tumis, Berkuah, dan Pepes Bagian I, karya Tetti Yullia dan Putri Sukma, Kamis (16/3/2017).

1. Sebelum diolah menjadi berbagai hidangan lezat, rendamlah ikan di dengan air panas. Ini bertujuan untuk mengurangi kadar garam dan membersihkan kotoran-kotoran yang masih menempel pada permukaan ikan.

2. Untuk mengurangi bau amis, Anda bisa melumuri ikan asin dengan perasan jeruk nipis, lalu sisihkan selama kurang lebih 10 - 20 menit. Setelah itu, bilas ikan hingga bersih.

3. Agar olahan ikan asin terasa lezat, Anda bisa menambahkan bumbu pelengkap seperti daun jeruk, daun salam, serai, jahe, lengkuas, atau daun kemangi. Bumbu tersebut juga berfungsi untuk menciptakan aroma wangi pada olahan ikan asin Anda.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini