nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nih Bahayanya Sering Mengucek Mata

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Rabu 15 Maret 2017 13:23 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 03 15 481 1643275 nih-bahayanya-sering-mengucek-mata-plWj7iCbel.jpg Mengucek mata kebiasaan yang membahayakan (Foto: BT)

KETIKA mata lelah atau kering setelah melalui hari yang panjang, biasanya kita akan melakukan kebiasaan mengucek mata. Entah mengapa kebiasaan ini dilakukan tanpa harus berpikir dua kali.

Ya, kita akan merasa nyaman setelah mengucek mata. Ketika mengucek mata, saluran air mata akan melumasi permukaan mata, yang meredakan ketidaknyamanan dan iritas.

Meski begitu, kita perlu tahu ada sejumlah alasan mengapa sebaiknya menghindari kebiasaan mengucek mata dan akan lebih baik menggunakan obat tetes. Berikut adalah beberapa alasan untuk tidak mengucek mata seperti dilansir Alohaclinic, Rabu (15/3/2017):

1. Anda mengucek mata dengan tangan, padahal ada kemungkin itu penuh bakteri. Ingat, tangan Anda menyentuh banyak hal sepanjang hari, sehingga kemungkinan bakteri menumpuk di sana, terutama jika tidak mencuci tangan. Sebagai contoh, benda apa yang pasti Anda sentuh setiap hari? Ya, ponsel! Menurut penelitian, ponsel Anda memiliki jumlah 18 kali lebih banyak dibandingkan toilet, dan kita menyentuh mata dengan tangan. Jelas mata akan berisiko mengalami infeksi.

2. Lingkaran hitam dan kerutan di sekitar mata adalah masalah yang selalu setiap orang hindari. Lalu, mengapa dengan mengucek mata meningkatkan risiko munculnya lingkaran hitam dan kerutan? Kulit di sekitar mata sangat tipis. Sebentar saja Anda mengucek mata, maka akan meningkatkan potensi keriput. Di bawah kulit ada pembuluh darah kecil yang mungkin rusak karena kebiasaan mengucek mata.

3. Kerusakan mata bisa berasal dari kebiasaan sering mengucek mata. Struktur dekat bagian depan mata, seperti kornea, mungkin bisa robek karena terlalu banyak tekanan. hal ini juga memungkinkan untuk merusak retina, di belakang mata.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini