Yuk Intip 3 Jenis Ikan Asin Paling Populer di Indonesia

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 16 Maret 2017 10:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 16 298 1644035 yuk-intip-3-jenis-ikan-asin-paling-populer-di-indonesia-lfTtSfyfPu.jpg Ikan asin populer di Indonesia (Foto:Okezone)

MESKI didominasi oleh rasa asin yang sangat kuat, ikan asin merupakan salah satu lauk yang cukup digemari masyarakat Indonesia. Sehingga tidak mengherankan jika hidangan tersebut memiliki berbagai varian dengan ciri khas masing-masing.

Dikutip dari buku Lauk Sedap Dari Ikan Asin Untuk Sehari-Hari, karya Tim Dapur Demedia, Rabu (15/3/2017), berikut beberapa jenis ikan asin yang paling populer di Indonesia.

Ikan peda

 

A post shared by KEDAI MAMA (@kedaimamazs) on


Ikan asin peda adalah ikan kembung yang diawetkan dengan cara penggaraman dan fermentasi. Proses ini membuat daging ikan peda memiliki rasa yang berbeda dengan ikan asin pada umumnya. Ikan peda sangat cocok diolah menjadi pepes atau orak-arik dengan bumbu dan telur.

Ikan jambal roti

 


Ikan jambal roti adalah nama lain dari ikan manyung. Sebelum digarami, daging ikan dicelup ke dalam larutan gula merah dan dilumuri dengan bawang putih. Berkat bumbu itulah ikan jambal roti memiliki rasa yang berbeda dengan ikan asin lainnya.

 

Ikan teri jengki

 


Ini merupakan salah satu jenis ikan asin yang populer karena harganya ekonomis dan mudah didapatkan. Teri jengki sangat cocok diolah ke dalam masakan tumis/oseng-oseng dengan sedikit kuah.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini