nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Khawatir Beli Ikan Asin di Pasar Bikin Saja Sendiri di Rumah, Praktis!

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Kamis 16 Maret 2017 12:37 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 03 16 298 1644217 khawatir-beli-ikan-asin-di-pasar-bikin-saja-sendiri-di-rumah-praktis-3qZiIye7q4.jpg Cara bikin sendiri ikan asin di rumah (Foto:Kemendag)

IKAN asin adalah bahan makanan yang bisa disimpan dalam jangka waktu lama, penggemarnya juga banyak jadi jangan takut jika stok ikan asin tidak laku di rumah. Tapi jika khawatir membeli ikan asin di pasar, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah lho.

Pemula juga bisa mengolah ikan asin. Ikuti tips dan trik berikut agar ikan asin buatan sendiri lebih menggoda, Kamis (16/3/2017).

Pilih ikan yang sesuai

Tidak semua jenis ikan bisa diolah menjadi ikan asin. Jadi pastikan ikan yang dipilih sesuai dan direkomendasikan untuk diasinkan. Pilihan ikan yang bisa dijadikan ikan asin antara lain ikan gabus, ikan teri, ikan bulu ayam dan sebagainya. Jika Anda pemula, pilihlah ikan yang berukuran kecil dan tipis agar proses pengeringan tidak berjalan terlalu lama.

 

Bersihkan ikan

Sebelum proses pembuatan, pastikan ikan sudah dalam keadaan bersih. Karena ikan yang masih belum disiangi atau ikan yang kotor akan menimbulkan bakteri sehingga justru akan membusuk. Untuk ikan ukuran besar bersihkan bagian perutnya dan keluarkan semua isi perut hingga hanya menyisakan bagian daging saja. Sementara untuk ikan yang kecil cukup hanya dicuci hingga bersih menggunakan air mengalir.

Gunakan garam kasar

Ikan asin bisa dibuat dengan beberapa metode yakni merendam dan menabur garam. Jika ingin menggunakan metode rendam maka Anda harus membuat larutan air garam dengan perbandingan 50:50. Larutan ini kemudian digunakan untuk merendam ikan selama beberapa waktu hingga ikan menyerap air garam. Sementara jika menggunakan metode tabur maka cukup menaburkan garam ke seluruh bagian ikan. Jenis garam yang digunakan sebaiknya garam kasar karena memiliki tingkat rasa asin yang lebih tinggi dibanding garam dapur atau garam meja.

Jemur hingga kering

Hal paling penting saat membuat ikan asin adalah sinar matahari. Pastikan Anda membuat ikan asin saat matahari sedang bersinar terik karena kualitas ikan tergantung tingkat kekeringannya. Proses penjemuran ikan juga biasanya membutuhkan waktu beberapa hari hingga benar-benar kering. Saat menjemur usahakan menutup ikan dengan kain kasa agar ikan bebas dari bakteri, debu ataupun serangga yang menghinggapi.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini