Cara Cerdas Masak Ketan Menggunakan Rice Cooker

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Jum'at 17 Maret 2017 05:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 16 298 1644694 cara-cerdas-masak-ketan-menggunakan-rice-cooker-5iU27c3gJ6.jpg Cara mengolah ketan (Foto:Google)

 

KETAN bisa dijadikan berbagai varian makanan mulai yang manis hingga yang asin. Meski terlihat mirip, membuat ketan berbeda dengan menanak nasi biasa. Simak cara cerdas masak ketan menggunakan alat yang berbeda.

Dilansir dari TableSpoon, Jumat (17/3/2017) berikut tiga cara cerdas masak ketan menggunakan alat dan teknik yang berbeda. Simak yuk.

Merebus ketan

Jika Anda akan membuat ketan dengan menggunakan kompor maka alat utama yang dibutuhkan adalah panci besar. Sebelum dimasak, beras ketan harus lebih dulu direndam dalam air selama satu hingga empat jam. Masak beras ketan dengan cara merebusnya, tambahkan sedikit garam untuk memberikan rasa. Didihkan air kemudian masukkan beras ketan dan masak selama 10 menit hingga air terserap semuanya. Matikan api dan diamkan beras ketan selama 10 menit didalam panci tertutup sebelum disajikan.

Mengukus ketan

Memasak ketan dengan cara mengukusnya sudah dilakukan sejak lama. Caranya hampir mirip dengan merebus. Beras ketan harus direndam terlebih dulu dalam air selama 24 jam hingga teksturnya agak melunak. Buang air rendaman kemudian kukus beras ketan selama 20 menit, aduk sesekali dan masak hingga beras ketan matang seluruhnya.

Memasak dengan rice cooker

Perkembangan zaman modern membuat teknik memasak ketan lebih mudah, manfaatkan rice cooker. Ambil beras ketan lalu tuangkan air dalam rice cooker dan masak selama 30 menit atau sesuai timer otomatis. Alat ini secara otomatis akan mengeluarkan tanda jika nasi ketan sudah matang.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini