nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Duaaarrr, Headset Turis Australia Meledak di Pesawat

Renny Sundayani, Jurnalis · Kamis 16 Maret 2017 06:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 03 16 406 1643871 duaaarrr-headset-turis-australia-meledak-di-pesawat-pM6wDrdDST.jpg Headphone meledak di pesawat (Foto: BBC)

HATI-hati jika kalian yang sering menggunakan headset saat perjalanan terbang naik pesawat. Jika tak ingin bernasib sama dengan penumpang asal Australia. Seorang wanita yang tak ingin disebutkan namanya tertidur dalam penerbangan dari Beijing, Tiongkok ke Melbourne, Australia.

Kemudian tiba-tiba ia kaget dan terbangun saat ia mendengar suara ledakan jarak dekat. Kemudian ia melempar headsetnya yang dalam kondisi terbakar dan mulai meleleh akibat terkena panas. Sontak, akibat ledakan dari headset tersebut, membuat wajahnya gosong hitam

Galaxy Note 7Penumpang yang tak dipublikasikan identitasnya itu mengatakan kepada Australian Transport Safety Burea atau Biro Keselamatan Transportasi Australia (ATSB), awalnya dia tengah mendengarkan musik saat tiba-tiba ledakan terjadi.

"Aku menyentuh wajah dan menyebabkan headset bergeser ke leher. Lalu merasa terbakar jadi meraih benda itu dan melemparkannya ke lantai. Benda itu memicu munculnya api kecil," kata wanita itu seperti dikutip dari BBC, Kamis (16/3/2017).

Awak pesawat lantas bergegas untuk membantu wanita itu, dan memadamkan api dengan menuangkan seember air pada headset. Pada saat itu, baterai dan penutup headset dari plastik telah meleleh dan menempel ke lantai.

Woman's face with burn marks"Selama sisa penerbangan, penumpang mencium bau plastik meleleh serta aroma rambut dan barang elektronik terbakar," kata ATSB dalam laporannya.

Laporan itu tak menyebutkan merek headset itu, tapi mengatakan diduga kuat penyebabnya akibat masalah baterai lithium-ion pada perangkat itu.

Pihak berwenang Australia lalu memperingatkan bahaya menggunakan perangkat bertenaga baterai pada penerbangan setelah benda itu terbakar pada penerbangan.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini