nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Siswi TK Diterkam Harimau, Ini Tips Aman Ajak Anak ke Kebun Binatang

Tentry Yudvi, Jurnalis · Kamis 16 Maret 2017 12:40 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 03 16 406 1644142 siswi-tk-diterkam-harimau-ini-tips-aman-ajak-anak-ke-kebun-binatang-ibWJz1dR0X.jpg Ilustrasi Melihat dan Berfoto Bersama Harimau di Kebun Binatang (foto: Shutterstock)

KEMARIN ada seorang siswi TK yang diterkam bayi harimau berusia 7 bulan di Jatim Park. Untungnya, anak tersebut berhasil diselamatkan.

Namun, kejadian ini bisa menjadi pelajaran baik untuk orang tua atau pun guru agar mendidik anak-anak bisa berperilaku baik demi keselamatan mereka saat bertemu hewan liar. Sebab, terkaman bayi harimau itu bisa saja disebabkan dari tingkah laku anak-anak.

(baca juga: Diduga Panik, Anak Harimau di Jatim Park II Terkam Siswi TK)

Misalnya saja, anak-anak sering berteriak, maka akan membuat harimau gusar dan berusaha untuk melindungi diri. Agar lebih ahli lagi mengajak anak berwisata ke kebun binatang dan bertemu hewan liar, intip yuk tipsnya sebagaimana dikutip dari Romper, Kamis (16/3/2017).

Beritahu ke anak jika binatang di kebun binatang masih liar

Ya, ini benar sekali meski mereka berada di dalam kandang dan sudah banyak disentuh oleh manusia. Namun, insting mereka sebagai binatang masih liar , mereka tidak paham cara bermain bersama anak, atau berkomunikasi dengan anak.

Jangan biarkan anak memanjat atau duduk di pinggir kandang

Jika Anda membiarkan anak duduk atau memanjak maka Anda tidak menghormati sistem keamanan dari penjagaan kandang. Oleh karena itu, pantau terus gerak gerik anak.

Selalu dekat dengan anak

Jangan biarkan anak Anda lepas dari genggaman Anda. Sebab, anak kecil terutama balita sangat riskan untuk masuk ke dalam kandang binatang buas.

Ajari anak untuk menghormati binatang

Ini penting sekali untuk mengajari anak Anda agar menghormati binatang. Dengan begitu, binatang tidak akan gusar atau pun liar berada di samping anak Anda.

Dengarkan pemandu atau pawang di sana

Mengajak anak ke kebun binatang pastinya untuk membantu menambah wawasan sang anak terhadap binatang. Oleh sebab itu, Anda harus mendengarkan saran dari pawang.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini