nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jalan-Jalan Ke Banten? Jangan Lupa Cicipi 4 Menu Makanan Ini

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 18 Maret 2017 13:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 03 17 298 1645766 jalan-jalan-ke-banten-jangan-lupa-cicipi-4-menu-makanan-ini-lUaAEv54rm.jpg Sate bandeng khas Banten (Foto:Editor)

AKHIR pekan merupakan waktu yang tepat untuk berlibur dengan keluarga. Jika sedang tidak ingin melakukan perjalanan jauh, Banten bisa menjadi pilihan ideal.

Selain dianugerahi keindahan alam yang begitu memesona, Banten juga memiliki segudang kuliner tradisional lezat dan menggugah selera.

Dirangkum Okezone dari buku Pesona Jawa, terbitan Pesona Indonesia, berikut 4 kuliner tradisional khas Banten yang wajib Anda cicipi.

Sate bandeng

 


Konon, makanan ini merupakan ide dari Sultan Banten yang ingin meyajikan masakan ikan bandeng tanpa duri kepada tamunya. Saking lezatnya, sate bandeng dapat disantap langsung dengan nasi tanpa harus menambahkan bumbu sambal seperti sate lainnya.

Nasi sumsum

Olahan yang satu ini merupakan primadona yang sangat digemari warga Banten. Sebelum dibakar, nasi dicampur dengan bumbu yang telah ditumbuk sehingga menyatu dalam nasi. Nasi kemudian dihiasi irisan timun dan tomat, lalu disantap dengan pilihan lauk seperti sate lidah kerbau dan otak-otak. Meski tergolong makanan langka, nasi sumsum masih bisa ditemukan di beberapa rumah makan di Serang.

 

Pecak bandeng

 


Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini