Image

Berhasil Turunkan Berat Badan, Jangan Lupa Tetap Cek Kesehatan!

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Jum'at 17 Maret 2017, 20:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 03 17 481 1645739 berhasil-turunkan-berat-badan-jangan-lupa-tetap-cek-kesehatan-4YolnwWvEu.jpg Ilustrasi (Foto: Independent)

BEBERAPA orang obesitas ada yang timbul kesadaran menurunkan berat badannya, hingga mencapai indeks massa tubuh yang ideal. Namun, apakah menurunkan berat badan dapat mengurangi faktor risiko penyakit tidak menular?

"Biasanya kalau obesitas, ada penyakit-penyakit timbul. Tapi ketika ia bisa menurunkan berat badan, penyakit terkait sudah bisa terkontrol dan sudah membaik," ungkap dr Elvina Karyadi, MSc, PhD, SpGK, Ketua PDGMI DKI Jakarta, di kawasan Karet Kuningan, Jakarta Selatan.

Memang, beberapa faktor risiko telah membaik. Lain halnya, ketika individu tersebut telah memiliki diabetes. Penyakit ini perlu dikontrol meskipun seseorang telah menurunkan berat badan dengan menerapkan gaya hidup sehat.

"Kalau ia kena diabetes sekali pasti terus-menerus. Dan enggak harus selalu orang gemuk yang kena diabetes, orang kurus pun bisa," jelas dr Elvina.

Bila Anda salah seorang yang berhasil menurunkan berat badan dengan risiko diabetes, dr Elvina menyarankan untuk rutin mengecek kesehatannya. Bagi orang yang berhasil menurunkan berat badan, jangan lupa untuk tetap menghindari faktor risiko dan rutin mengecek kesehatan ke dokter.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini