Image

Penyebab Datangnya Ketombe, Mulai dari Jarang Menyisir hingga Diet

Pradita Ananda, Jurnalis · Minggu 19 Maret 2017, 11:42 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 03 19 194 1646519 penyebab-datangnya-ketombe-mulai-dari-jarang-menyisir-hingga-diet-SWEMkTeUsY.jpg Ilustrasi (Foto: Womenshealthmag)

KETOMBE menjadi salah satu permasalahan rambut yang kerap dijumpai di banyak orang. Baik itu pria atau wanita dari lintas usia.

Rambut yang dihinggapi ketombe, tidak hanya membuat kulit kepala menjadi gatal. Tetapi juga ampuh untuk menurunkan tingkat kepercayaan diri orang yang mengalaminya.

Agar solusi perawatan dan pencegahan ketombe ini tepat, tidak ada salahnya untuk terlebih dahulu mengetahui apa-apa saja yang dapat menyebabkan datangnya ketombe. Simak ulasan singkatnya berikut ini.

Jarang menyisir : Orang-orang yang dalam kesehariannya jarang menyisir rambut, disebutkan memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami masalah ketombe. Mengapa? Karena dengan jarang sisiran maka membuat kulit kepala tidak terbuka dan bernafas sebagaimana mestinya, seperti saat disisir.

Diet : Beberapa ahli menyebutkan bahwa orang-orang yang sedang menjalani pola diet yang kurang tepat, dengan kurang mengonsumsi zat besi, vitamin B, dan beberapa jenis lemak menyehatkan memang lebih rentan mengalami masalah ketombe di rambutnya.

Kulit kering : Orang yang mempunyai tipe jenis kulit kering biasanya lebih sering dihinggapi ketombe, terutama di saat cuaca di luar sedang dingin. Ditambah dengan perbedaan suhu yang ada di dalam kamar dengan cuaca luar yang dingin, pada akhirnya membuat kulit kepala menjadi gatal dan berketombe. Serpihan ketombe pada orang yang berkulit kering pun biasanya berupa serpihan putih yang terasa kering alias tidak berminyak.

Kondisi kulit khusus : Bagi yang mempunyai kondisi kulit khusus seperti psoriasis atau eczema dan yang lainnya, disebutkan memang memiliki risiko lebih besar terkena masalah ketombe dibandingkan dengan orang lain pada umumnya. Demikian sebagaimana disitat medicalnewstoday, Minggu (19/3/2017).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini