Image

Kampung Putih seperti di Spanyol Akan Hadir di Malang

Erika Kurnia, Jurnalis · Senin 20 Maret 2017, 07:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 03 19 406 1646535 kampung-putih-seperti-di-spanyol-akan-hadir-di-malang-Cu2TiKTv5B.JPG Kampung Putih Pueblos Blancos, Spanyol (foto: Instagram/@jimmyloreto10)

WISATA kampung bertema seperti Kampung Warna Warni, Kampung Tridi (3D), sampai Kampung 1000 Topeng telah jadi pilihan wisata baru yang hits di Malang. Dan kini, kampung putih layaknya Pueblos Blancos di Spanyol akan pindah ke kota sejuk di Jawa Timur tersebut.

Proyek yang digarap oleh pihak swasta, bekerja sama dengan pemerintah daerah, dimaksudkan untuk menghilangkan kesan kumuh di perkampungan yang dijadikan target.

Menurut pemberitaan, dikutip dari berbagai sumber, Sabtu (19/3/2017) sebanyak 185 rumah di 4 RT di Kelurahan Klojen akan dicat dengan warna putih seluruhnya. Proyek ini diperkirakan akan menghabiskan 6 ton cat.

#andalucia #pueblosblancos #spain #vacationes

A post shared by paulinhotarso (@paulinhotarso) on Jan 26, 2017 at 12:11pm PST

Wali Kota Malang, H Moch Anton, yang hadir dalam seremonial pengecatan pertama kampung tersebut mengatakan, Kampung Putih ini terinspirasi dari sebuah kampung di China, di mana semua tembok bangunan dicat putih, dulu saya pernah berkunjung ke sana.

"Kampung Putih juga terinspirasi dari White Village di Spanyol,” ungkap Anton.

The White Towns dari Andalusia, atau Pueblos Blancos, adalah serangkaian kota-kota dan desa-desa besar di bagian utara provinsi Cádiz dan Málaga di Spanyol selatan, sebagian besar dalam Sierra de Grazalema Natural Park.

Kampung dengan desain serupa bisa dilihat di kawasan kota tua Andalusia, di Spanyol. Tidak hanya satu, tapi ada banyak kampung yang semuanya memiliki rumah dengan dinding bercat putih dan atap genting berwarna merah atau coklat.

Namun alasan dari pemilihan warna putih tersebut ada yang mengatakan karena faktor kimia dari batu kapur yang digunakan untuk membangun rumah, atau mandat politik oleh diktator dari abad ke-20 di sana.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini