Image

Cara Mengatasi Serangan Harimau saat Berwisata ke Kebun Binatang

Erika Kurnia, Jurnalis · Minggu 19 Maret 2017, 15:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 03 19 406 1646590 cara-mengatasi-serangan-harimau-saat-berwisata-ke-kebun-binatang-SC9Ils2TNR.jpg Ilustrasi Pengunjung Kebun Binatang Lebih Dekat dengan Harimau (foto: Shutterstock)

ADANYA atraksi yang membawa pengunjung kebun binatang lebih dekat dengan hewan buas seperti kucing besar alias harimau, tidak menjamin mereka selalu aman. Buktinya, adalah musibah yang menimpa anak TK saat berkunjung ke kebun binatang di Jawa Timur, yang belum lama ini terluka setelah diterkam bayi Harimau Benggala.

Walaupun kemungkinan hewan buas seperti harimau memakan manusia sangat kecil, tapi bahaya bisa muncul ketika hewan tersebut merasa terancam oleh kehadiran manusia sehingga insting menyerangnya keluar.

Dikutip dari Foxnews, ahli dari kelompok advokasi konservasi, The Cougar Dana, mengatakan insting kucing besar dapat muncul ketika pengunjung kebun binatang mendekat dan bergerak meniru mangsanya yang ketakutan.

"Anak-anak sangat mudah ketakutan dan bisa berkelakuan di luar kontrol saat pertama kali melihat hewan ini. Untuk itu, keluarga dan orang dewasa yang mendampingi anak-anak harus tahu cara melindungi anak-anak mereka," katanya.

Selain ikut mendampingi anak-anak, orangtua atau orang dewasa yang pergi bersama anak untuk bertemu hewan buas, bisa belajar cara mengantisipasi serangan seperti berikut.

Dampingi terus anak-anak Anda

Sekalipun ada pemandu yang mengarahkan dan menemani anak Anda. Tetap dampingi agar anak Anda yang takut bisa tetap tenang atau lebih patuh dengan saran yang diingatkan pawang atau pemandu saat memasuki kawasan aktraksi dengan hewan buas.

Tidak berisik dan tetap tenang

Berteriak atau berisik bisa membuat takut kucing besar. Walaupun kedatangan banyak manusia akan membuat hewan tersebut takluk, suara berisik dan gerakan yang memancing insting mereka bisa membuat mereka menyerang.

Jangan tunjukan kelemahan saat kucing besar hendak menyerang

Berteriak, membalik badan, atau bahkan berbalik ketika kucing besar seperti harimau merasa terancam atau bahkan saat mereka tenang. Jika mereka hendak menghampiri dengan marah, jangan buat diri Anda lemah. Cobalah untuk tetap berdiri dan jangan merunduk atau melakukan gerakan yang membuat Anda terlihat seperti mangsa mereka.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini