Image

Jadi, Apa Bedanya Botox dan Filler?

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 21 Maret 2017, 11:10 WIB
https img o.okeinfo.net content 2017 03 20 194 1647628 jadi apa bedanya botox dan filler BJKeFp9dsT.jpg Botox atau Filler? (foto: marieclaire)

TREN di dunia estetika semakin hari semakin berkembang maju. Khususnya untuk tindakan tindakan estetika non-surgery yang biasanya tidak jauh-jauh berfungsi untuk mengatasi permasalah penuaan dini dan memperbaiki tampilan struktur wajah.

Bicara soal tindakan estetika non-surgery, tindakan suntik botox dan filler tidak dipungkiri memang masih menjadi dua tindakan yang paling populer, setidaknya di Indonesia.

Namun sebetulnya, walau sama-sama termasuk dalam kategori tindakan estetika non-surgery untuk membuat tampilan wajah menjadi mumpuni dan maksimal. Botox dan filler adalah tindakan yang berbeda, walau memang keduanya saling melengkapi. Perbedaan sederhana antara botox dan filler ini sendiri diungkapkan oleh Dr. David Sudarto Oeiria, saat ditemui Okezone belum lama ini di sebuah acara yang membahas perihal penuaan dini.

“Filler dan botox itu memang dua tindakan yang berbeda namun saling melengkapi. Botox punya fungsi mengurangi kekuatan otot yang berlebih atau melumpuhkan otot wajah yang dikehendaki, dengan cara disuntik secara presisi alias tepat pada tempatnya. Sedangkan filler, dari katanya sudah tersirat bahwa untuk mengisi area yang sebelumnya bervolume namun mengalami kekenduran, istilah gampangnya mengisi volume wajah yang kempes,” papar dokter yang lebih akrab disapa dokter Darto ini.

Dokter David melanjutkan bahwa khusus untuk tindakan filler, masih banyak orang awam yang belum mengetahui seperti apa tindakan filler apa yang aman.

“Khusus untuk tindakan filler, filler yang aman itu bisa dimasukan tetapi juga bisa dihilangkan dari tubuh kita,” tandasnya singkat.

(Silvia Junaidi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini