Image

Rice Cake Ternyata Ada Jenisnya Lho, Cari Tahu Yuk

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Senin 20 Maret 2017, 13:27 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 03 20 298 1647185 rice-cake-ternyata-ada-jenisnya-lho-cari-tahu-yuk-5hoaPFhyKN.jpg Kue beras (Foto:Livestrong)

RICE cake atau kue beras di Korea dikenal dengan sebutan tteok. Meski terbuat dari bahan baku dan proses yang sama, ternyata rice cake memiliki banyak varian yang berbeda. Doyan makan olahan rice cake, kenali jenisnya dulu yuk.

Dilansir dari berbagai sumber, Senin (20/3/2017) berikut Okezone rangkum beberapa jenis rice cake yang populer di dapur masyarakat Korea. Semua rice cake ini memiliki rasa yang hampir sama namun karena bentuknya berbeda jadi sensasi menyantapnya juga berbeda.

Rice cake kukus

Bahan utama untuk rice cake kukus sama seperti resep dasar rice cake original. Kadang-kadang adonan ini dicampur dengan beberapa biji-bijian dan kacang-kacangan. Kadang orang menambahkan biji wijen. Tak hanya ini, orang juga kadang mencampur beberapa buah dan sayuran untuk menambah rasa dan juga nutrisi pada rice cake. Rice cake kukus disebut dengan nama sirutteok. Adonan tepung beras diolah dengan cara dikukus dalam suru yakni alat kukus tradisional Korea.

 


Rice cake tumbuk

Secara tradisional rice cake tumbuk adalah varian rice cake yang paling lama ada. Beras ketan ditumbuk hingga menjadi bubuk menggunakan alat yang disebut jeolgu dan jeolgutgongi. Setelah menjadi adonan, rice cake kemudian dibentuk menjadi silinder panjang yang memiliki warna putih bersih. Ada juga varian lain yakni yang berbentuk bola, diisi pasta kacang atau dimakan langsung saat adonan usai ditumbuk. Jenis rice cake ini adalah yang paling banyak dijual di pasaran dan paling umum diolah sebagai santapan sehari-hari masyarakat Korea.


(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini