Image

Sama-Sama Enak, Tapi Ini Perbedaan Gulai, Opor dan Kari

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 20 Maret 2017, 13:56 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 03 20 298 1647207 sama-sama-enak-tapi-ini-perbedaan-gulai-opor-dan-kari-5x2NJS2krQ.jpg Ayam kari (Foto:Bbcgoodfood)

MESKI memiliki warna kuah yang serupa, bukan berarti rasa dan teknik pengolahan opor, gulai, ataupun kari sama. Ada beberapa perbedaan mencolok yang bisa Anda temui, khususnya dari segi cita rasa.

Dilansir Okezone dari berbagai sumber, Senin (20/3/2017), berikut perbedaan antara gulai, opor, dan kari yang belum diketahui banyak orang.

Gulai

 

Berbeda dengan opor dan kari, gulai diolah dengan cara mencampurkan daging merah, nangka muda, serta daun singkong. Untuk rasanya, gulai memiliki sensasi gurih yang khas karena menggunakan santan dan beberapa jenis bumbu rempah-rempah seperti kunyit, ketumbar, lada, lengkuas, jahe, bawang merah, pala, dan serai.

Opor

 


Hidagan ini biasanya disajikan pada hari-hari besar seperti Hari Raya Idul Fitri atau acara pernikahan. Opor sendiri diketahui berasal dari Jawa. Selain diolah menggunakan daging ayam atau telur rebus, Opor juga disajikan dengan kuah kental yang berasal dari perpaduan santan, serai, kencur dan rempah-rempah lainnya. Agar terasa nikmat, opor selalu disantap bersama potongan ketupat atau nasi putih hangat.

Kari

 


Anda pasti sudah familiar dengan hidangan yang satu ini. Kari adalah hidangan berkuah asal India, yang memiliki cita rasa tajam dengan sensasi rasa pedas. Inilah yang menjadi salah satu perbedaan antara opor, kari dan gulai. Bumbu rempah-rempah yang digunakan untuk mengolah kari pun cukup beragam. Mulai dari ketumbar, kunyit, merica, bubuk cabai, hingga bubuk kari.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini