Image

FOOD STORY: Sejarah Kari yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 20 Maret 2017, 14:52 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 03 20 298 1647279 food-story-sejarah-kari-yang-mungkin-belum-anda-ketahui-VYETvh2wy6.jpg Olahan kari dari Malaysia (Foto:Recipesimple)

SIAPA yang tidak mengenal kari? Hidangan berkuah nan lezat ini memang sangat digemari karena diolah dengan campuram bumbu rempah-rempah.

Bahkan, beberapa negara di dunia seperti Jepang, Inggris, hingga Indonesia memiliki teknik tersendiri dalam mengolah hidangan tersebut. Berbicara soal kari, tahukah Anda bahwa hidangan ini berasal dari India?

Dilansir Okezone dari berbagai sumber, Senin (20/3/2017), Istilah "kari" berasal dari bahasa Tamil yang memiliki arti saus, atau berbagai macam masakan sayur-sayuran dan daging yang disantap bersama bersama nasi putih.

Berdasarkan sejarahnya, perkembangan kari dimulai dari kawasan India Selatan yang meluas hingga, Pakistan, Sri Langka dan beberapa negara barat. Di Inggris, hidangan ini pertama kali diperkenalkan pada abad ke-18.

Kala itu, orang-orang Inggris merasa rindu pada olahan kari India, sehingga mereka berinisiatif untuk membuat bubuk kari (curry powder). Seperti diketahui, pada masa kolonial, India menjadi salah satu wilayah kekuasaan Inggris di kawasan Asia.

Untuk membuat bubuk kari diperlukan sejumlah bumbu rempah-rempah seperti ketumbar, merica, cabe, bubuk paprika, jintan putih, jintan manis, kunyit, kayu manis, kapulaga, bunga lawang, adas manis, daun kari (chalcas koenigii), dan cengkeh.

Bumbu tersebut sebetulnya relatif atau sesuai dengan negara asal. Contohnya Indonesia. Olahanya kari biasanya menggunakan campuran daging ayam, atau juga bisa divariasikan dengan daging sapi cincang.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini