Image

Banyak Makan Sayur dan Buah Ampuh Kurangi Stres Lho

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Senin 20 Maret 2017, 11:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 03 20 481 1646972 banyak-makan-sayur-dan-buah-ampuh-kurangi-stres-lho-d2zHkEgs6w.jpg Ilustrasi (Foto: Thefitindian)

MUNGKIN Anda tidak suka makan buah dan sayur, tapi ada alasan untuk mengonsumsinya. Sebuah studi baru yang menunjukkan, lebih banyak makan buah dan sayuran dapat membantu meringankan depresi, stres, dan kecemasan.

Peneliti melihat pola makan 60.000 orang Australia yang berusia 45 tahun ke atas, semuanya bagian dari Sax Institute dan Up Study lebih dari 260.000 orang dewasa. Mereka menemukan bahwa hanya 3-4 porsi sayuran atau buah-buahan per hari, dibandingkan mereka yang hanya mengonsumsi satu porsi, dapat membantu mengurangi stres psikologis sebesar 12 persen. Mereka yang mengonsusmi 5-7 berkurang stresnya sebesar 14 persen, penulis penelitian melaporkan.

Para ilmuwan mengukur tingkat stres dengan menggunakan kuesioner 10 item, yang berfokus pada kecemasan dan depresi, di dua titik: 2006-2008 dan 2010. Menariknya, penelitian ditandai perbedaan antara kedua jenis kelamin.

"Kita semua tahu buah dan sayur dikemas dengan vitamin dan nutrisi yang sehat, itulah sebabnya mengapa disarankan mengonsuminya setidaknya 5 porsi sehari," jelas rekan penulis studi dan University of Sydney, Binh Nguyen, Ph.D, dikutip dari Netdoctor, Senin (20/3/2017).

Wanita yang makan 5-7 porsi buah dan sayuran mengurangi tingkat stres dengan 23 persen dibandingkan wanita yang mengonsumsi 0-1 porsi sehari. Wanita yang makan hanya dua bagian memiliki risiko 16 persen lebih rendah mengalami stres.

"Konsumsi buah dan sayuran dapat membantu mengurangi prevalensi tekanan psikologis antara orang dewasa setengah baya dan lebih tua. Namun, hubngan antara konsumsi buah dan sayuran, dan tekanan psikologis memerlukan penyelidikan lebih lanjut dan mungkin waktu lebih lama," tulis peneliti dalam penelitian.

Mereka secara khusus menyebutkan tomat, jamur dan pisang mengandung tinggi kalium-mineral penting bagi sistem saraf, termasuk otak. Peneliti juga menyarankan meningkatkan konsumsi sayur dan buah untuk mendapatkan banyak nutrisi. Studi ini dipublikasikan dalam British Medical Journal Open.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini