Image

4 Alasan saat Bangun Tidur Wajib Minum Air Putih

Agregasi Hellosehat.com, Jurnalis · Senin 20 Maret 2017, 12:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 03 20 481 1647110 4-alasan-saat-bangun-tidur-wajib-minum-air-putih-KJTcwaToin.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

MINUM air di pagi hari memang benar bermanfaat dan baik untuk kesehatan. Lalu apa saja manfaat dari minum air di pagi hari?

Minum air di pagi hari mengatasi kekurangan cairan selama tidur

Kebiasaan ini akan membantu peningkatan produksi sel darah dan pembentukan otot di pagi hari. Selain itu, tentunya mencegah Anda mengalami dehidrasi, karena tidak minum selama kurang lebih 8 jam waktu tidur yang baik untuk orang dewasa. Menyediakan botol minum di kamar adalah hal yang baik untuk memulai kebiasaan tersebut, agar Anda selalu ingat untuk minum air di pagi hari.

Minum air saat bangun tidur mengurangi risiko dehidrasi

Tubuh yang dehidrasi lambat laun akan mengalami gangguan fungsi ginjal, berbagai penyakit jantung, tekanan darah rendah, bahkan kejang. Kebanyakan orang hanya akan minum air ketika mereka makan. Tapi itu saja belum cukup untuk membuat tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Dengan menerapkan kebiasaan minum air di pagi hari, akan menurunkan risiko dehidrasi.

Air dapat mengurangi tingkat keasaman perut di pagi hari

Lambung akan tetap menghasilkan asam lambung, meskipun tidak ada makanan atau minuman yang mengisinya. Asam lambung yang tinggi ini dapat membuat perut Anda mulas, terasa tidak enak, bahkan perih. Sementara, hal yang dapat meredam semua gejala tersebut adalah makanan atau minuman yang masuk ke dalam lambung. Tapi, tidak mungkin kan, Anda bangun tidur langsung makan makanan yang berat dan dengan porsi banyak? Oleh karena itu, dianjurkan untuk minum segelas air putih untuk membantu mengatasi asam lambung yang terlalu tinggi tersebut.

Minum air di pagi hari mampu mencegah sembelit

Kebiasaan minum air di pagi hari mampu merangsang pergerakan usus yang dapat melancarkan jadwal buang air besar Anda dan mencegah sembelit. Sebenarnya, ketika makanan atau minuman masuk ke dalam perut Anda, maka usus akan terasa penuh dan kemudian merangsang pergerakan untuk mendorong makanan atau minuman yang sebelumnya telah dicerna keluar dari tubuh, hal ini yang membuat Anda BAB.    

(ran)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini