Image

Tetap Susui Anak Sampai 2 Tahun Lebih dan Patahkan Mitosnya!

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 20 Maret 2017, 19:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 03 20 481 1647419 tetap-susui-anak-sampai-2-tahun-lebih-dan-patahkan-mitosnya-RzjVn2xWwP.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

TAK sedikit ibu yang ingin menyusui dengan lancar, harus menemui banyak mitos yang malah menghambat niatnya. Patahkan mitos itu, tetap susui si kecil sampai dua tahun lebih.

Konselor Laktasi dr Wiyarni Pambudi SpA, IBCLC mengatakan, Indonesia termasuk negara sumber mitos. Padahal buktinya tidak ada, sehingga ibu harus berani mematahkannya.

"Banyak mitosnya, seperti pantang makan. Misalnya enggak boleh makan pedas, makan ikan, dan harus minum jamu ini itu yang rasanya enggak enak biar ASI banyak," ungkap dr Wi saat ditemui di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, baru-baru ini.

Secara medis, pantangan tersebut tak ada teorinya. Ibu menyusui harus mengonsumsi aneka makanan yang membuatnya nyaman dan menyenangkan.

"Padahal ibu menyusui makanlah apa yang menyenangkan baginya. Enggak ada pantangan secara medis dan terlarang, asal ibunya senang boleh saja," katanya.

Tak sekedar itu, banyak mitos lain yang harus dipatahkan oleh para ibu. Seperti juga menyusui anak lebih dari dua tahun sudah tidak bermanfaat. Itu salah!

"Menyusui anak sampai dua tahun malah manfaatnya banyak. Anak jadi cerdas, lebih mandiri, percaya diri tinggi, dan anak enggak gampang sakit," tambahnya.

Bagaimanapun saat menyusui, Anda harus memiliki perasaan bahagia. Jangan terlalu stres dan menganggap remeh segalanya.

"Ibu harus happy itu yang benar. Pokoknya jangan merasa kehalang dengan mitos yang tidak ada kebenarannya," pangkas dr Wi ramah.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini