Image

Mau Kurus? Perhatikan Dulu Rambu-Rambu Konsumsi Serat Ini

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Selasa 21 Maret 2017, 07:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 03 20 481 1647633 mau-kurus-perhatikan-dulu-rambu-rambu-konsumsi-serat-ini-J2OdBwRcXK.jpg Ilustrasi (Foto: Thehealthsite)

SERAT merupakan asupan yang baik untuk kesehatan usus, serta mendukung penurunan berat badan. Meski kita menargetkan pernurunan berat badan, bukan berarti setiap saat serat perlu dimakan secara berlebihan.

Rina Baliga, seorang ahli diet, berbagi tips sederhana untuk mengonsumsi serat sehingga berat badan bisa turun secara optimal, dilansir dari Thehealthsite, Selasa (21/3/2017).

Variasi serat

Tidak hanya bisa diperoleh dari sayur atau buah-buahan, ada banyak makanan lain yang mengandung serat. Misalnya, oats dan roti gandum. Anda bisa mengombinasikannya pada saat sarapan maupun makan siang, sehingga tidak terpaut pada satu jenis makanan berserat saja.

Jangan lupa minum

Meskipun Anda makan banyak serat, jangan lupa untuk minum banyak air mineral. Minum air mampu mencegah terjadinya konstipasi. Pasalna, konsumsi terlalu banyak serat tanpa asupan air mineral yang cukup dapat memicu terjadinya diare.

Libatkan serat saat jam makan

Tidak hanya tiga jam makan besar saja. Konsumsi serat saat snack juga penting sekira dua sampai tiga kali sehari. Anda bisa ngemil kacang-kacangan atau buah-buahan kering, sehingga camilan yang dikonsumsi lebih sehat.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini