Lagi Pengen Makanan Bersambal yang Pedasnya "Gila"? 4 Tempat Makan Ini Wajib Disambangi

Devi Setya Lestari-Dimas Andhika Fikri , Jurnalis · Selasa 21 Maret 2017 21:02 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 21 298 1648616 lagi-pengen-makanan-bersambal-yang-pedasnya-gila-4-tempat-makan-ini-wajib-disambangi-TVfgnwhdsY.jpg Sambal tempe penyet (Foto:Pbase)

APA yang terlintas di benak Anda ketika mendengar kata sambal? Sebagian orang mungkin menjawabnya dengan kata-kata lezat, nikmat, atau bahkan menjelaskan berbagai jenis sambal favorit mereka.

Di Indonesia sendiri, sambal telah menjelma menjadi salah satu makanan pokok semua kalangan. Banyak yang menganggap bahwa menyantap makanan belum lengkap rasanya jika tidak ditemani sepiring kecil sambal pedas.

Hal inilah yang melatarbelakangi munculnya tren rumah makan berbasis sambal.

Waroeng SS

Salah satunya adalah Waroeng SS (super sambal) yang berpusat di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selasa (21/3/2017), Okezone berksempatan mencicipi berbagai hidangan lezat yang ada di rumah makan tersebut. Setelah melihat daftar menu, Okezone memutuskan untuk memesan ayam goreng, tumis kangkung, telur dadar, jamur goreng tepung dan 2 jenis sambal.

Daging ayam olahan waroeng ss memang terbilang lezat dengan tekstur empuk yang pas. Menu ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai olahan gorengan dengan sensasi kriuk di bagian kulitnya.

Untuk jamur goreng tepung, telur dadar, dan tumis kangkung, ketiganya tidak kalah nikmat apalagi disantap bersama sambal bawang dan sambal terasi matang.

Sambal yang disajikan oleh rumah makan ini memang memiliki ciri khas tersendiri karena diolah dengan teknik tradisional. Jika dilihat dari teksturnya, hampir semua sambal yang disajikan Waroeng SS diolah dengan teknik ulegan.

Selain itu, biji cabai juga sengaja dibiarkan karena dipercaya dapat menambah sensasi pedas sambal. Menurut salah satu pegawai Waroeng SS, Ika, dari 33 jenis sambal yang ditawarkan restoran tersebut, ternyata ada 3 jenis sambal yang menjadi favorit pengunjung.

"Yang paling laku itu sambal bawang, sambal terasi segar, dan sambal terasi matang. Pengunjung biasanya menyantap ketiga hidangan tersebut dengan ayam goreng atau ikan nila," tutur Ika kepada Okezone.

Nah, bagi Anda yang tertarik mengunjungi tempat ini, Waroeng SS memiliki beberapa cabang yang tersebar di beberapa kawasan Ibu Kota. Salah satunya terletak di kawasan Tanjung Duren.

Tidak perlu khawatir, rate harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau yakni, Rp5 ribu - Rp33 ribu.

Warung Bu Kris Fatmawati


Tempat makan asal Surabaya ini punya sambal penyet yang rasanya nendang banget! Selain bumbu nya bervariasi, pedas nya juga mantap banget. Bikin lo bangun di siang bolong! Apalagi kalo disajikan sama ayam goreng nya dan nasi putih. Serbu! Seperti dilansir dari Qraved.

Bebek Bengil Menteng

A post shared by Wil (@gowheelie) on Jun 22, 2016 at 11:53pm PDT


Sekali coba sambal yang satu ini, dijamin nggak bakal bisa lupa betapa GOKIL nya rasa nya! Irisan bawang nya enak banget, pas banget buat nemenin sambel nya yang pedes. Bebek goreng nya yang crispy dicocol ke sambel khas Bali yang enak banget ini... PECAH! Seperti dilansir dari Qraved.

 

Warung Sambal Setan Bu Mut di Bendungan Hilir

PECINTA kuliner pedas tak boleh melewatkan kuliner yang satu ini. Warung sambal setan Bu Mut yang berlokasi di Bendungan Hilir, Jakarta Selatan bisa memanjakan lidah pemburu kuliner pedas yang sambalnya bikin kapok sekaligus bikin ketagihan dan bikin ngangenin. 
Menyambangi kawasan Benhil di malam hari, Okezone melihat kerumunan orang yang rela antre demi seporsi makanan pedas yang memang jadi andalan di warung sederhana ini. Menu yang paling jadi andalan antara lain ayam dan lele. Semua menu ini menarik perhatian pelanggan karena sajian sambalnya yang super pedas. 
Melihat antusiasme pengunjung yang begitu meledak, Okezone tak menunggu waktu lama dan segera memesan menu ayam goreng.
Tampilannya sederhana seperti sajian pecel ayam di tempat lain tetapi terlihat jelas limpahan sambal yang disajikan secara terpisah. Aroma sambal juga tercium dari kejauhan. 
Langsung saja Okezone menyantap hidangan ini. Benar saja rasa pedas seketika langsung menyebar ke seluruh rongga mulut. Huaaahhh pedasnya tak bercanda...
Sambal yang tersaji ini adalah racikan antara cabai rawit, terasi, garam, gula dan penyedap rasa. Potongan tomat juga sedikit ditambahkan untuk membuat rasanya makin maknyus. Menurut Hj. Mut, pemilik Sambal Setan ini, sambal yang disajikan adalah sambal khas Cirebon. 
"Enggak ada rahasia, itu bahan sambalnya bisa lihat di sana sambil diulek. Ini sambal asli cirebon," kata Bu Mut kepada Okezone, Selasa (21/3/2017).
Ayam dan sambal ini semakin mantap karena dimakan bersama sepiring nasi putih dan lalapan berupa potongan mentimun dan kangkung rebus. 
Jangan khawatir akan menu yang dihadirkan karena variannya sangat banyak mulai dari ayam, lele, jengkol, ikan salem, ikan bawal pete, tahu, tempe dan menu lainnya. Harga yang dibanderol untuk seporsi makanan di warung ini cukup terjangkau dan ramah di kantong karena mulai dari Rp 15 ribu.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini