Image

Cukup Konsumsi Sayur Selama Hamil Cegah Bayi Lahir dengan Berat Badan Rendah

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Selasa 21 Maret 2017, 09:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 03 21 481 1647860 cukup-konsumsi-sayur-selama-hamil-cegah-bayi-lahir-dengan-berat-berat-badan-rendah-KtT4pZu1wD.jpg Ilustrasi (Foto: Momjunction)

SALAH satu penyebab kematian bayi dan balita di Indonesia adalah kelainan bawaan. Dari beberapa kelainan bawaan pada bayi, di antaranya adalah berat badan lahir rendah (BBLR).

Dikatakan memiliki berat badan lahir rendah apabila bayi memiliki berat badan kurang dari 2500 gr atau 2,5 kg. Klasifikasi lain untuk BBLR adalah jika berat lahir di bawah 1,5 kg, dan yang ekstrem apabila di bawah 1 kg.

Ada beberapa faktor yang membuat bayi memiliki kelainan bawaan BBLR. Salah satunya, menurut Ahli Gizi Komunitas, Dr.dr. Tan Shot Yen, adalah ketika hamil seorang ibu kurang mengonsumsi sayur dan buah.

Dr Tan memberikan contoh pada penelitian kohort atau tidak melakukan intervensi di Spanyol. Dia mengatakan, dalam penelitian yang melibatkan 787 bayi lahir tersebut, diteliti jumlah konsumsi sayur dan buah dari tahun 2004-2006.

"Di situ dicatat melalui kuesioner apa yang mereka makan. Hasilnya apa? Ternyata sayur, bukan buah," ujarnya di Gedung Kementerian Kesehatan RI, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin 20 Maret 2017.

Lebih lanjut, Dr Tan menjelaskan bahwa dalam penelitian kohort tersebut juga dilakukan pengukuran tinggi dan berat badan anak. Menurutnya, hasil dari ibu-ibu hamil yang cukup mengonsumsi sayur ternyata sangat signifikan terhadap tinggi dan berat badan anak tidak BBLR.

"Ternyata makan sayur cukup banyak itu sangat signifikan, bayangin 787 bayi lahir dengan pengukuran pada ibu-ibu yang punya konsumsi sayur dalam jumlah besar.," tuturnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini