Image

Jaminan Ampuh, Cara Atasi Nyeri Haid Tanpa Obat

Agregasi Boykepedia, Jurnalis · Selasa 21 Maret 2017, 10:57 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 03 21 481 1647974 jaminan-ampuh-cara-atasi-nyeri-haid-tanpa-obat-G07y7WM7Jq.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

NYERI haid pernah dialami hampir semua wanita, dan itu itu wajar. Namun jika dialami terus menerus dan dengan rasa sakit tak tertahankan, bisa jadi ada masalah lain seperti faktor hormonal atau penyakit. Sebelum nyeri haid datang, yuk cegah dengan beberapa cara berikut ini!

1. Jaga Asupan Makanan

Untuk menghindari nyeri haid, kurangi makanan yang banyak mengandung garam, kafein, dan gula. Makanan cepat saji, kalengan, dan minuman bersoda sudah pasti harus dihindari. Perbanyak makanan yang mengandung zat besi, vitamin, dan mineral ya. Sayur dan buah adalah menu yang wajib kamu santap setiap hari. Juga, jangan lupa minum air putih yang banyak ya!

2. Olahraga Teratur

Jarang berolahraga menyebabkan tubuh kurang sehat dan rentan terkena sakit termasuk nyeri saat haid. Saat rutin olahraga, tubuh akan memproduksi hormon bahagia yang juga berfungsi mengurangi nyeri saat haid lho! Sebenarnya kamu tetap bisa berolahraga walaupun sedang haid. Namun, harus sesuai dengan kemampuanmu ya.

3. Tidur Cukup dan Hindari Stres

Kurang istirahat dan stress adalah salah satu penyebab metabolisme tubuh menjadi kacau. Hal tersebut amat berkaitan dengan produksi hormon dalam tubuh kita. Karena itu, penting sekali bagi kita untuk memperhatikan kapasitas diri. Jangan paksakan diri untuk terlalu sering lembur dan melakukan pekerjaan yang menyita banyak tenaga dan pikiran. Kekuatan pikiran juga berpengaruh besar terhadap kondisi tubuh kita. Jaga pikiran tetap positif agar kondisi tubuh tetap baik.

4. Kompres dengan Air Hangat

Jika sudah melakukan pencegahan, namun ketika haid masih merasakan nyeri, kamu bisa mengompres daerah perut atau pinggang dengan air hangat. Hal ini bertujuan untuk mengelabui sensor sakit di area perut dengan cara menambahkan sensor panas, sehingga rasa sakit tidak akan terasa lagi. Bisa juga dengan cara mengoleskan minyak angin sehingga daerah yang merasa nyeri merasa hangat. Jaga tubuh tetap hangat dengan memakai jaket dan kaos kaki. Udara dingin dapat memperparah nyeri yang kamu derita.

(ran)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini