Image

Tidak Makan Setelah Jam 6 Sore, Bisa Kurus?

Agregasi Hellosehat.com, Jurnalis · Selasa 21 Maret 2017, 12:13 WIB
https img o.okeinfo.net content 2017 03 21 481 1648052 tidak makan setelah jam 6 sore bisa kurus nT0jFuRK5M.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

APAKAH benar tidak makan malam setelah jam 6 sore mampu membuat diet Anda berhasil? Atau justru menghancurkan diet Anda selama ini? Berikut adalah penjelasannya.

Apa yang terjadi pada tubuh saat kita tidak makan malam setelah jam 6 sore?

Berhenti makan setelah pukul 6 sore tidak menjamin berat badan Anda akan turun. Perubahan berat badan tergantung dengan kalori yang masuk dan yang Anda dapatkan dari makanan atau minuman, serta kalori yang dibakar ketika Anda melakukan aktivitas fisik atau olahraga. Sehingga, seberapapun kuatnya Anda menahan diri untuk tidak makan malam setelah jam 6 sore, berat badan Anda akan tetap saja naik jika kalori dari makanan yang masuk ke dalam tubuh lebih besar ketimbang kalori yang dipakai untuk berolahraga.

Ya, pada akhirnya berat badan Anda hanya akan turun jika Anda mengatur porsi makan serta melakukan olahraga yang teratur, jam makan bukanlah penyebab utamanya.

Apakah ini artinya saya boleh makan malam setelah jam 6?

Membatasi makan makanan di malam hari masih menjadi hal yang baik bagi kesehatan Anda. Kebiasaan makan di malam hari membuat Anda cenderung makan berlebihan. Apalagi ketika mengalami susah tidur, makanan sering menjadi pelarian orang untuk menghabiskan waktu malamnya, sehingga Anda makan tidak terkendali dan akhirnya kalori yang masuk terlalu banyak.

Hal ini adalah alasan utama mengapa makan malam bisa menaikkan berat badan. Saat malam hari, Anda akan sering mengonsumsi makanan dengan cara yang lebih santai, seperti di depan televisi, atau sambil tiduran di tempat tidur kesayangan Anda, hingga Anda tidak menyadari seberapa banyak makanan yang telah Anda makan saat itu.

Makanan seperti apa yang boleh dimakan setelah jam 6 sore?

Tidak masalah jika Anda mengonsumsi makanan ringan setelah jam 6 sore, yang terpenting adalah bagaimana cara Anda mengatur pembagian porsi kalori dalam sehari. Apabila Anda ingin menurunkan berat badan, maka Anda harus menurunkan asupan kalori Anda hingga 500 kalori per hari. Sedangkan di malam hari, Anda dapat menyisakan 100-200 kalori untuk camilan sehat.

Makanan yang Anda bisa makan setelah jam 6 sore yaitu makanan yang mengandung protein tinggi, karbohidrat kompleks, serta serat tinggi. Hindari makanan yang mengandung gula, garam, serta lemak tinggi, seperti minuman bersoda atau cemilan yang tinggi kalori.

(Ranto Rajagukguk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini