Moms, Ini Loh Tips Memilih Terasi untuk Olahan Sambal yang Lezat

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 23 Maret 2017 10:04 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 22 298 1649405 moms-ini-loh-tips-memilih-terasi-untuk-olahan-sambal-yang-lezat-cmxYnaxPDv.jpg Cara pilih terasi (Foto:Google)

MENYANTAP hidangan memang paling nikmat ditemani sepiring sambal pedas. Apalagi jika sambalnya diolah dengan campuran terasi gurih dan menggugah selera.

Nah, sebelum Anda membuat sambal terasi di rumah, yuk simak tips memilih terasi berkualitas, sebagaimana dirangkum Okezone dari berbagai sumber.

Kemasan

Memilih terasi berkualitas sama halnya dengan memilih sayuran segar. Anda harus jeli melihat bentuk dan kemasannya. Hindari membeli terasi dengan kemasan yang telah robek, karena dikhawatirkan telah terkontaminasi bakteri-bakteri jahat.

 

Warna

Selain dari kemasan, Anda dapat menilai terasi berkualitas dari tampilan warnanya. Terasi yang baik biasanya memiliki warna cokelat kehitaman. Meskipun memiliki warna agak kemerahan, ini biasanya disebabkan karena terasi masih dalam kondisi kering. Pastikanlah terasi yang hendak Anda beli tidak dicampur dengan bahan pewarna tekstil. Untuk menguji keasliannya, cukup letakkan terasi pada telapak tangan, lalu lihat apakah warna terasi masih tertinggal di tangan setelah di pegang? Jika benar, dapat dipastikan bahwa terasi tersebut menggunakan bahan pewarna.

Bentuk dan Aroma

Tips selanjutnya adalah memperhatikan bentuk dari terasi itu sendiri. Terasi yang baik memiliki tekstur pada, kering, dan mudah dicuil. Selain itu, jangan lupa mencium aromanya untuk memastikan bahwa terasi yang Anda beli tidak dalam keadaan busuk. Terasi yang busuk cenderung mengeluarkan aroma menyengat terlalu tajam.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini