nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nah Loh, Ternyata Ini Penyebab Ibu Hamil Rentan Mengalami Gigi Berlubang

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Rabu 22 Maret 2017 12:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 03 22 481 1648864 nah-loh-ternyata-ini-penyebab-ibu-hamil-rentan-mengalami-gigi-berlubang-jxwzXtCJP9.jpg Jaga kesehatan gigi dan mulut selama hamil (Foto: Livestrong)

DI usia kehamilan trimester pertama, ibu hamil biasanya mengalami morning sickness. Ketika muntah, terdapat banyak asam yang terdapat di dalam rongga mulutnya. Inilah yang mencetuskan gigi berlubang.

Drg Farichah Hanum, MKes, Ketua Pengurus Besar Dokter Gigi Indonesia, mengatakan bahwa ibu hamil perlu memerhatikan kesehatan giginya. Ibu perlu berkonsultasi ke dokter kandungan dan dokter gigi, bila giginya mengalami masalah.

"Demikian juga si ibu tidak bisa mengonsumsi makanan yang secara umum. Ibu-ibu hamil perlu ada integrasi dengan bidan, dokter kandungan," terang drg Hanum di kawasan Rawa Buntu, Tangerang Selatan.

Drg Hanum mengungkapkan, sering kali ibu hamil datang dengan kondisi gigi kesakitan, sementara ia tengah mengandung 8-9 bulan. Pada kondisi seperti ini, dokter gigi perlu hati-hati saat melakukan tindakan.

"Tindakan pemeriksaan gigi memang ada yang memerlukan anastesi, injeksi, atau tindakan pencabutan. Kalau (ibunya) udah ngeri, walaupun enggak sakit (saat ke dokter gigi), ini yang kita khawatirkan janinnya mengalami kontraksi lebih awal," jelasnya.

Apabila terjadi gangguan dari rongga mulut, drg Hanum mengatakan, bakteri bisa beredar ke aliran darah dan berpengaruh pada janin. Bisa saja hal ini berdampak pada bayi dengan berat badan lahir rendah.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini